Sabtu 18 Jun 2022 23:20 WIB

Menkeu Sri Beri Pembekalan di Sekolah PDIP

Sri berharap para kepala/wakil kepala daerah untuk berpikir secara terbuka

Red: Teguh Firmansyah
Menkeu RI, Sri Mulyani
Foto: VOA
Menkeu RI, Sri Mulyani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan yang juga Wakil Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sri Mulyani memberikan pembekalan terkait BRIN untuk kepala daerah dari PDI Perjuangan. Menurutnya riset tak bisa dilakukan sendiri.

"Riset tidak bisa dilakukan sendiri, bertapa lalu dapat wangsit, tidaklah. Riset itu kolaborasi," kata Sri saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta Selatan, Jumat.

Baca Juga

Sri Mulyani memberikan paparan berjudul Regulasi Kementerian Keuangan untuk Penguatan Anggaran Pendukung Riset dan Inovasi Daerah Berkelanjutan.Ia memulai dengan menjelaskan situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan geopolitik dunia.

Saat membahas soal hubungan pusat dan daerah, termasuk soal anggaran, Sri berharap para kepala/wakil kepala daerah untuk berpikir secara terbuka.Sri Mulyani mendukung para kepala daerah menjadi pemimpin yang menjaga kepentingan dan keberlangsungan serta keamanan Indonesia.

Ia juga menegaskan, fondasi riset dan inovasi adalah terjadinya kolaborasi, termasuk dengan para kepala daerah.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap informasi yang diterima para peserta rakor dapat memperluas pemahaman dan pengetahuan serta mengakselerasi BRIN daerah.

Olly Dondokambey mengatakan, Menteri Keuangan memberikan penjelasan wacana manfaat yang sangat besar BRIN. Hal itu perlu dipahami kepala daerah karena pada ujungnya akan terjadi pembentukan BRINDA (BRIN daerah)."Sehingga apa yang diinginkan oleh Pak Presiden dan Ibu Ketua Umum sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN bisa berjalan sesuai dengan harapan. Manfaatnya bisa dirasakan oleh daerah dengan kinerja BRIN daerah," jelasnya.

Ia meyakini para kepala daerah asal PDI Perjuangan telah memiliki pemahaman atas lembaga BRIN. Namun, masih perlu diperdalam."Hari ini para kepala daerah mendapat penjelasan lebih detail. Kemarin sudah dijelaskan bagaimana struktur organisasi dan pembentukan BRIN dan BRIN daerah. Ini lebih detail ke bawah bagaimana fungsi kepala daerah untuk mendorong program yang sangat baik untuk kemajuan riset di RI," kata Olly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement