Ahad 19 Jun 2022 08:30 WIB

BWF Naikkan Status Malaysia Open, Jadi Setingkat dengan Indonesia Open

Dengan ini, turnamen level 1000 bulu tangkis akan ada empat di dunia..

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
...
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Reaksi Yuta Watanabe (kanan) dan Arisa Higashino (kiri) dari Jepang melawan Seo Sung-jae dan Chae Yu-jung dari Korea Selatan dalam pertandingan semifinal ganda campuran di Turnamen Bulu Tangkis East Ventures Indonesia Open 2022 di Jakarta, Indonesia, Sabtu (18/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan akan ada empat turnamen tambahan di Tur Dunia BWF dari 2023 hingga 2026 sebagai bagian dari rencana ekspansi yang diumumkan hari ini.

Kalender Tur Dunia baru dengan 31 acara, yang mencakup Final Tur Dunia BWF akhir tahun, akan menampilkan lebih banyak turnamen Super 1000, Super 750, dan Super 500, memberikan peluang hadiah uang yang lebih besar bagi para pemain.

Baca Juga

Pengumuman tersebut mengakhiri proses penawaran yang menarik yang melihat minat yang sehat dari semua penawar tuan rumah.

Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund mengatakan BWF World Tour 2023-2026 menjanjikan untuk mengangkat status bulu tangkis secara global.

“Badminton adalah salah satu olahraga dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan partisipasi dan jumlah penggemar yang tinggi sepanjang masa. Lebih banyak turnamen memberi kami peluang fantastis untuk meningkatkan jangkauan olahraga di seluruh dunia, tidak hanya di wilayah yang sudah mapan, tetapi juga ke wilayah baru.  Ini juga memungkinkan lebih banyak pemain untuk memasuki sirkuit elit kami dan mendapatkan pengalaman berharga,” katanya dilansir laman BWF, Ahad (18/6/2022).

“Kami sangat terdorong oleh banyaknya tawaran berkualitas tinggi yang kami terima dan itu menjadi pertanda baik untuk tur yang lebih besar dan lebih baik selama empat tahun ke depan.  Ini memungkinkan kami untuk berkomitmen pada hadiah uang yang lebih tinggi, liputan yang lebih luas di televisi dan online, dan presentasi yang spektakuler, semuanya berkontribusi pada peningkatan produk olahraga kelas dunia yang kami cari,” ujar dia.

Lund menegaskan, tidak akan ada perubahan pada kewajiban komitmen pemain saat ini. Malaysia Open bergabung dengan All England Open, China Open, dan Indonesia Open sebagai turnamen Super 1000 level tertinggi dalam tur.

India Terbuka dan Singapura Terbuka telah ditingkatkan ke status Super 750. Tuan rumah Super 750 yang ada dari China, Denmark, Prancis, dan Jepang telah mempertahankan status mereka.

Level Super 500 menyambut kota tuan rumah dari tiga benua baru dengan turnamen di Australia, Kanada, dan Finlandia, bergabung dengan turnamen di Hong Kong Cina, Indonesia, Korea, Malaysia, Thailand, dan tuan rumah baru tambahan di Jepang.

Dua turnamen Super 100 yang ada telah ditingkatkan ke level BWF World Tour Super 300 yakni HYLO Open dan Orléans Masters.

Ekspansi ini didukung oleh investasi yang signifikan dari BWF dan mitra komersial Infront selama empat tahun.

Tuan rumah untuk Final Tur Dunia BWF akhir musim akan diumumkan di kemudian hari.  Tuan rumah BWF Tour Super 100 juga akan diumumkan secara terpisah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement