Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

16 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dukung Pemulihan, Kepala Daerah Diharap Buat Terobosan Kreatif

Ahad 19 Jun 2022 06:31 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi

Kementerian Dalam Negeri. Kepala daerah diharap membuat terobosan kreatif untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

Kementerian Dalam Negeri. Kepala daerah diharap membuat terobosan kreatif untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

Foto: dok. UNS
Terobosan ini perlu dilakukan untuk menambah pendapatan di daerahnya masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kepala daerah diharap membuat terobosan kreatif untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional. Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengatakan, para bupati yang merupakan bagian dari APKASI diharapkan membuat terobosan kreatif berbagai sektor seperti pertanian, perikanan, dan lainnya.

Ini perlu dilakukan untuk menambah pendapatan di daerahnya masing-masing. Dia menjelaskan, untuk memulihkan ekonomi nasional dibutuhkan sinergisitas semua pihak, sehingga laju perbaikannya semakin cepat.

Baca Juga

"Model kolaborasi yang melibatkan seluruh pihak, baik dari pemerintah, akademisi, pengusaha, komunitas, serta media merupakan strategi kunci dalam memulihkan kembali perekonomian masyarakat yang menurun akibat pandemi Covid," kata John Wempi dikutip dalam siaran pers Kemendagri, Ahad (19/6/2022).

John Wempi menyampaikan, demikian berkenaan ulang tahun ke-22 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang bertepatan dengan gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV APKASI.

John Wempi mengatakan, APKASI merupakan organisasi asosiasi kepala daerah terbesar dengan tujuan mewujudkan penyelenggaraan otonomi daerah. Dia berharap, di usia yang ke-22, APKASI dapat semakin memantapkan komitmen dan eksistensi untuk mewujudkan otonomi daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab.

Dia menegaskan, komitmen dan sinergi dari berbagai pihak tersebut menjadi poros kekuatan dalam pengembangan dan pembangunan di berbagai sektor, khususnya di bidang ekonomi. Dia meminta masing-masing pihak juga dapat mempresentasikan berbagai kepentingan dan fungsi yang dapat saling berkolaborasi, sehingga memunculkan inovasi pengetahuan dan langkah penyelesaian masalah.

"Untuk itu kepada seluruh bupati untuk dapat merangkul seluruh pihak yang dapat mendukung percepatan pelaksanaan pemulihan ekonomi," kata dia.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile