UGM Berhasil Raih Akreditasi Unggul BAN PT

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UGM Yogyakarta.
Kampus UGM Yogyakarta. | Foto: Yusuf Assidiq

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) per 14 Juni 2022. Itu tertuang dalam Surat Keputusan 259/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

 

Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma, merasa predikat akreditasi unggul yang diraih menunjukkan UGM berhasil menjadi perguruan tinggi dengan standar jauh melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

Baik sisi kuantitatif maupun kualitatif dalam semua proses Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saat ini, dari sekitar 4.500 perguruan tinggi di Indonesia, data BAN-PT baru 27 perguruan tinggi meraih unggul untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

 

"Bersyukur UGM sudah beralih ke peringkat akreditasi unggul dan siap melanjutkan pencapaian prestasi kinerja akademik dan non akademik lebih baik ke depannya," kata Indra, Ahad (19/6/2022).

Indra menjelaskan, predikat akreditasi unggul diraih UGM lewat proses Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang disusun dan disiapkan tim task force ISK UGM mulai 2021. Tiga kriteria yaitu dosen, sistem penjaminan mutu, dan publikasi ilmiah.

Diharapkan, perolehan akreditasi perguruan tinggi unggul UGM ini bisa segera diikuti oleh seluruh program-program studi yang ada di UGM. Saat ini, ada 244 program studi telah terakreditasi A atau Unggul dari BAN PT dan LAM PTKes.

 

"Harapannya, nantinya semua program studi di UGM dapat melakukan konversi akreditasi dan melanjutkan akreditasi di level internasional," ujar Indra.

Selain meraih predikat unggul BAN PT, UGM turut menjadi salah satu dari dua perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh sertifikasi internasional university level dari AUN-QA. Dengan masa berlaku sertifikat 2018-2023.

Di samping itu, sepanjang 2017-2021, UGM telah sukses mewujudkan peningkatan jumlah program studi yang memperoleh akreditasi internasional dari sejumlah lembaga akreditasi kredibel.

Saat ini, 44 prodi terakreditasi internasional. "Dan 20 program studi yang bersertifikasi internasional dari AUN-QA," katanya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Terkait


Terus  Berbenah, Uhamka Raih Peringkat Pertama Webometrics Impacts Ranking

UGM Raih Pendanaan PKM 2022 Terbanyak dari Kemendikbudristek

UGM Bekali Materi Anti Kekerasan Seksual ke Mahasiswa KKN

HPU Dukung Deklarasi UGM Sebagai Kampus Bebas Kekerasan Seksual

UGM akan Deklarasi Jadi Kampus Bebas Kekerasan Seksual

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark