Ahad 19 Jun 2022 19:17 WIB

Sudah 5 Hari Kasus Covid Bertahan di Angka 1.000, Warga Diminta Waspada

Apa pun varian Covid-19 yang ada sekarang ini, pencegahan dan cara mengatasinya sama.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 1.167 orang di Indonesia terkonfirmasi positif virus Covid-19 pada Ahad (19/6/2022) hari ini. Kenaikan angka hingga tembus di angka seribu ini sudah bertahan selama empat hari.

 

Baca Juga

Kementerian Kesehatan menganalisis kenaikan kasus saat ini disebabkan subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 yang telah masuk ke Indonesia. Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril menyampaikan masyarakat tidak perlu panik dan tetap waspada.

 

"Tidak perlu panik dengan kenaikan kasus, namun harus tetap waspada dan tetap menjaga agar penularan kasus tetap bisa dikendalikan agar bisa menekan hospitalisasi (angka rawat di Rumah Sakit)," kata Syahril saat dikonfirmasi, Ahad (19/6).

 

Menurut Syahril apa pun varian Covid-19 yang ada sekarang ini, kunci pencegahan dan cara mengatasinya tetap sama. "Tidak usah permasalahkan variannya, karena protokolnya sama, pencegahannya sama," ucap Syahril.

 

Ia pun mengajak masyarakat tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tetap menjaga protokol kesehatan. Misalkan terpapar pun, masyarakat diminta untuk tidak panik dan cukup melakukan isoman dan tidak lengah serta tetap waspada terhadap varian apa pun.

"Tidak boleh lengah dan harus waspada. Penting untuk tetap tenang, tidak cemas, jangan panik, karena kita punya pengalaman menghadapi varian baru Covid," kata Syahril

 

Syahril menyebut, untuk dua varian baru saat ini masih gejala ringan bahkan tidak bergejala. Bahkan, angka kasus pun menurut laporan di 23 negara tidak terjadi lonjakan kasus yang signifikan, seperti di awal varian Omicron pada Februari lalu.

 

"Gejalanya juga ringan bahkan tidak ada gejala. Nah harapannya tidak ada yang masuk rumah sakit dan tidak ada yang meninggal, ini berdasarkan beberapa negara melaporkan seperti itu,"ujarnya.

 

Berdasarkan catatan Satgas Covid-19, kenaikan angka konfirmasi Covid-19, tembus di angka 1.242 pada Rabu (15/6/2022). Sehari sebelumnya, Selasa (14/6/2022) , penambahan kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 930 kasus baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement