Ahad 19 Jun 2022 20:02 WIB

Bukittinggi Selenggarakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Perdana

Pemkot Bukittinggi kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor setelah pandemi.

Red: Bilal Ramadhan
Pengunjung menaiki bendi di areal Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat. Pemkot Bukittinggi kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor setelah pandemi.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Pengunjung menaiki bendi di areal Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat. Pemkot Bukittinggi kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor setelah pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, melaksanakanhari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pertama kalinya pada 2022, Ahad (19/6/2022). Ini setelah sebelumnya yang terakhir dilaksanakan pada Maret 2021 menjelang Ramadhan.

Jalan Sudirman di pusat Kota Bukittinggi tampak dipadati warga yang ikut ambil bagian dalam kegiatan HBKB sejak pagi hari. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga (Disparpora) Bukittinggi, Hendry mengatakan kegiatan HBKB ini menjadi salah satu kegiatan rutin Pemkot Bukittinggi yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Sesuai arahan Bapak Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, pada hari ini kegiatan HBKB kita aktifkan kembali, beberapa waktu terakhir keinginan warga untuk berolah raga sedikit terhambat karena pandemi dan kali ini pemkot kembali fasilitasi warga untuk berolahraga bersama, tanpa terganggu kendaraan yang melintas," kata Hendry.

Untuk tahap awal, Pemkot mengarahkan kegiatan HBKB dengan menutup sementara akses jalan raya di sekeliling Lapangan Wirabraja. "Nantinya diperluas penutupan jalan, sementara ini, sesuai kebutuhan karena ini perdana setelah vakum beberapa lama, untuk awal kita batasi dulu akses jalan raya yang ditutup," katanya.

Jalan yang ditutup mulai dari depan Kantor Badan Keuangan Negara hingga Simpang Yarsi dan juga depan Rumah Sakit Madina. "Nantinya tidak tertutup kemungkinan akan diperluas lagi hingga depan Kantor DPRD. HBKB dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB hingga 11.00 WIB," jelasnya.

Menurut rencana, HBKB akan dilaksanakan setiap pekannya, Pemkot berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk olahraga bersama. "Mari sama-sama dimanfaatkan menuju masyarakat dan lingkungan serta pariwisata yang sehat di Bukittinggi Kota Wisata," kata Hendry.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement