Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

 

5 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

4 Suplemen Ini Bisa Sebabkan Aritmia Jantung

Senin 20 Jun 2022 22:30 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Aneka jenis suplemen (Ilustrasi). Suplemen cola nut, guarana, ephedra, dan kreatin dikenal dapat menyebabkan aritmia jantung.

Aneka jenis suplemen (Ilustrasi). Suplemen cola nut, guarana, ephedra, dan kreatin dikenal dapat menyebabkan aritmia jantung.

Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Ada empat suplemen yang dapat menyebabkan aritmia jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Multivitamin digunakan oleh jutaan orang untuk membantu mencegah kekurangan nutrisi dalam tubuh. Namun, ada empat supleman untuk meningkatkan kinerja atletik dan mental yang justru dikaitkan dengan perkembangan aritmia jantung.

 

Aritmia jantung adalah kelainan pada jantung yang terjadi ketika sinyal listrik terganggu. Ini dapat menyebabkan organ berdetak terlalu lambat, terlalu cepat, atau tidak teratur. Meskipun anomali itu tidak berbahaya, tapi kasus yang parah dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga

Gejala aritmia adalah jantung berdebar, merasa pusing, pingsan, dan sesak napas. Akan tetapi, tanda-tanda ini tidak selalu menandakan kelainan pada jantung.

Yang berisiko paling tinggi dari kondisi tersebut ialah orang-orang berusia 60 tahun atau lebih, karena keausan jantung. Masalah kesehatan lainnya, termasuk asupan alkohol yang berlebihan, penyakit tiroid, dan tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kelainan pada detak jantung.

Menurut Healthline, orang juga harus menghindari suplemen yang dapat menyebabkan aritmia. Badan kesehatan telah mencantumkan cola nut, guarana, ephedra, dan kreatin sebagai empat penyebab aritma jantung.

1. Cola nut

Cola nut adalah benih tanaman cola yang mengandung kafein. Kafein bekerja dengan cara merangsang sistem saraf pusat, jantung, dan otot, yang berguna untuk mengalahkan rasa lelah dan depresi. Kegunaan umum untuk cola nut termasuk pengobatan diare, penurunan berat badan, migrain, dan sakit kepala.

2. Guarana

Guarana, yang berasal dari Amazon, juga mengandung sejumlah besar kafein. Terkadang, guarana digunakan dalam minuman energi. Menurut WebMD, suplemen ini dapat menjadi tidak aman jika dikonsumsi dalam jumlah besar, karena juga merangsang sistem saraf dan jantung.

"Guarana juga mengandung teofilin dan teobromin, yang merupakan bahan kimia yang mirip dengan kafein," menurut WebMD, dilansir Express.co.uk, Senin (20/6/2022).

Suplemen ini kadang-kadang diminum untuk mencoba membantu mengalahkan obesitas. Suplemen guarana juga dipakai untuk meningkatkan kinerja atletik dan mental.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile