Selasa 21 Jun 2022 08:05 WIB

Berapa Lama Produk Perawatan Kulit Menunjukkan Hasil?

Produk perawatan kulit butuh waktu untuk menunjukkan hasil penggunaannya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit wajah (ilustrasi). Produk perawatan kulit membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil yang diinginkan.
Foto: www.freepik.com
Kulit wajah (ilustrasi). Produk perawatan kulit membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil yang diinginkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk perawatan kulit membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil yang diinginkan. Sebagian orang mungkin bertanya-tanya berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk setiap bahan perawatan kulit.

Tren kecantikan telah berkembang selama beberapa tahun terakhir. Masa pandemi Covid-19 turut memengaruhi kecenderungan itu, sebab rutinitas perawatan diri menjadi sumber kenyamanan dan hiburan bagi banyak orang.

Baca Juga

Namun, barang kali ada orang yang heran mengapa tidak ada perubahan drastis pada kulit setelah memakai aneka merek produk perawatan kulit. Bisa jadi, pengguna produk belum cukup bersabar menunggu efeknya.

Dokter kulit Gurveen Waraich MBBS dari Garekars MD Dermatology Clinic membagikan informasi berapa lama bahan perawatan kulit tertentu bekerja. Dia mengunggahnya di akun Instagram @garekarsmddermatologyclinic.

 

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat menarik air ke dalam kulit. Efeknya, kulit terhidrasi dengan baik segera setelah penggunaan. Jika ingin kulit kenyal dan terlihat lebih bercahaya, bersabarlah setelah dua hingga tiga bulan penggunaan produk secara rutin.

 

Salicylic acid

Salicylic acid alias asam salisilat ampuh mengontrol minyak dan mencegah pembentukan komedo dan komedo putih. Asam salisilat mulai bekerja dalam dua sampai tiga pekan awal dan membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga bulan untuk menunjukkan efek penuh.

 

Vitamin C

Antioksidan ini mengurangi pigmentasi dan membangun kolagen kulit. Pemakai produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C akan mulai melihat kulit yang lebih cerah dalam empat sampai enam pekan. Namun, perbaikan kulit menyeluruh memakan waktu tiga sampai empat bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement