Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

 

2 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Rakernas PDIP tak Tutup Kemungkinan Bahas Capres Potensial untuk 2024

Selasa 21 Jun 2022 04:25 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) didampingi Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri) melambaikan tangan saat Rakernas II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022). Rakernas II PDI Perjuangan tersebut bertemakan Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat dengan sub tema Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) didampingi Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri) melambaikan tangan saat Rakernas II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022). Rakernas II PDI Perjuangan tersebut bertemakan Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat dengan sub tema Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara.

Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Rakernas II PDIP akan digelar pada 21-23 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDIP akan memulai rangkaian rapat kerja nasional (rakernas) pada hari ini. Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, rakernas bisa saja membahas sosok capres potensial untuk maju pada Pilpres 2024.

 

"Bisa aja. Rakernas partai pemenang pemilu, partai yang saat ini punya kursi cukup pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah-masalah penting untuk bangsa dan negara, salah satunya ya nama-nama, mungkin calon-calon, orang-orang yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (20/6/2022) malam.

Baca Juga

Rakernas II PDIP akan digelar pada 21-23 Juni 2022. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, rakernas merupakan agenda strategis dalam rangka memenangkan Pemilu 2024.

"Yang lebih dipersiapkan (dalam rakernas) adalah agenda strategis dalam rangka memenangkan Pemilu tahun 2024, tetapi juga sekaligus bagaimana PDI perjuangan dalam upaya pemilu tersebut mampu menjawab berbagai persoalan rakyat dan mengedepankan sinergi tiga pilar yang turun ke bawah," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin.

Hasto mengklaim, sejumlah nama-nama capres yang akan diusung PDIP pada Pilpres 2024 sudah ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Megawati terus mempertimbangkan capres pilihan PDIP.

"Nama-nama itu ada di Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau terus mempertimbangkan," kata Hasto.

Namun, ia menegaskan, PDIP belum akan umumkan nama capres yang akan diusung dalam waktu dekat. Skala prioritas PDIP saat ini adalah bekerja ke bawah membantu rakyat menyukseskan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kerja sama dalam pengertian mengusung calon presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada momentum yang tepat," ujarnya.

Hasto mengatakan, tema yang diangkat dalam rakernas kali ini adalah 'Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat. Selain soal penguatan desa, hal strategis lainnya yang juga akan dibahas, yaitu konsepsi dasar, visi dan misi yang akan dibawa oleh calon presiden dan calon wakil presiden yang akan datang.

"Sehingga, ketika Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat mengambil keputusan terkait dengan capres dan cawapres dari PDI Perjuangan maka seluruh konsolidasi partai pergerakan akar rumput partai dan juga konsepsi tentang tata pemerintahan ke depan itu sudah diselesaikan oleh PDI Perjuangan," ujarnya. 

Baca juga : Ganjar dan Bambang Pacul Salam Komando di Rakernas PDIP

 

photo
Serangan Elite PDIP kepada Ganjar Pranowo - (infografis republika)
 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile