Rabu 22 Jun 2022 05:00 WIB

Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terlihat di Kaki, Cermati Dua Perubahan Ini

Kolesterol tinggi sering kali tidak memunculkan gejala.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pembengkakan di area kaki dapat terjadi akibat hiperkolesterolemia familial. Selain itu, kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyakit arteri perifer (PAD) di kaki.
Foto: www.freepik.com.
Pembengkakan di area kaki dapat terjadi akibat hiperkolesterolemia familial. Selain itu, kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyakit arteri perifer (PAD) di kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi sering kali tak memunculkan gejala, seperti halnya tekanan darah tinggi. Akan tetapi, beberapa perubahan pada kaki dapat memberikan petunjuk mengenai adanya kolesterol tinggi.

Salah satu dari perubahan tersebut adalah pembengkakan pada area kaki. Pembengkakan ini bisa terjadi di buku-buku jari, lutut, atau tendon Achilles atau di belakang pergelangan kaki.

Baca Juga

Akan tetapi, pembengkakan pada area kaki ini hanya berkaitan dengan kondisi bernama hiperkolesterolemia familial. Hiperkolesterolemia familial merupakan kolesterol tinggi yang disebabkan oleh faktor keturunan. Meski kondisi ini sudah ada sejak kelahiran, gejala atau masalah yang berkaitan dengan kolesterol tinggi mungkin akan muncul di kemudian hari.

Orang-orang yang mengidap hiperkolesterolemia familial memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung. Selain itu, hiperkolesterolemia familial juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dini.

Kolesterol tinggi juga dapat memicu terjadinya penyakit arteri perifer (PAD). Bila PAD sudah terjadi, sebagian gejalanya juga dapat terlihat di area kaki karena kondisi ini menyebabkan aliran darah ke kaki jadi terhambat.

Gejala PAD pada kaki biasanya terjadi di kedua belah sisi di waktu yang sama. Beberapa dari gejala tersebut adalah hilangnya rambut di kaki, kuku kaki yang rapuh atau tumbuh secara lambat, luka yang sulit sembuh di kaki, perubahan warna pada kaki, biasanya menjadi pucat atau kebiruan, dan kulit kaki terlihat mengkilap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement