Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

6 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Menjanjikan dan Tanpa Modal 2022

Bisnis | Tuesday, 21 Jun 2022, 14:17 WIB

Siapa bilang karyawan nggak bisa punya penghasilan tambahan? Lihat ide bisnis sampingan karyawan yang mudah dan tanpa modal berikut ini.

Memulai bisnis sampingan bagi karyawan bukan hal yang mustahil di era digital saat ini. Pasalnya sudah banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan secara online, sehingga tidak perlu repot mencari waktu luang, mencari karyawan atau mencari tempat buka usaha.

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan berbagi ide bisnis sampingan karyawan, dengan kategori bisnis modal kecil, tanpa stock barang dan bahkan bisnis sampingan tanpa modal.

Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi menjadi alternatif bisnis sampingan yang bisa Anda pilih sebagai seorang karyawan. Sistem afiliasi sendiri merupakan proses pemasaran yang akan memberikan komisi atas penjualan produk yang ditawarkan atau berhasil mengarahkan pelanggan untuk membuka website dan mengisi formulir.

Mengapa memilih bisnis afiliasi? Pasalnya afiliasi menjadi bisnis yang tidak membutuhkan modal besar, risiko yang rendah karena tidak perlu stok barang dan bisa dilakukan melalui online.

Selain itu bisnis afiliasi juga memiliki peluang keuntungan tak terbatas. Karena jenis produk yang ditawarkan dalam program afiliasi sangat beragam, jadi lebih banyak target pemasaran yang bisa dijangkau.

Ada banyak contoh bisnis afiliasi yang bisa dicoba dan berpeluang mendapatkan komisis besar, diantaranya:

● Afiliasi ecourse

● Afiliasi domain

● Afiliasi hosting/server

● Afiliasi shortlink

● Afiliasi marketplace

● Afiliasi jasa digital

Saat ini program afiliasi yang sedang booming adalah afiliasi Shopee dan TikTok. Anda akan mendapatkan komisi ketika orang lain membeli barang lewat link referal yang Anda bagikan.

Program afiliasi akan lebih cepat menghasilkan uang, jika Anda memiliki banyak jaringan pertemanan di media sosial atau komunitas di internet lainnya.

Content Creator

Content creator atau pembuat konten merupakan profesi sampingan yang menjanjikan bagi seorang karyawan. Profesi ini bisa dijalankan sangat fleksibel dan tidak ada aturan yang mengikat. Kunci sukses seorang content creator bisa membuat materi yang edukatif atau bersifat hiburan.

Anda bisa memilih media dan jenis content creator yang diinginkan, seperti pembuat konten di Youtube, Instagram, Facebook maupun menjadi seorang Blogger.

Ada banyak ide konten yang bisa dibagikan bagi seorang karyawan, yaitu terkait bidang pekerjaan yang sedang dijalani. Misalnya,

● Karyawan di toko roti, bisa membuat konten tentang pembuatan roti yang enak.

● Karyawan digital agency, bisa membuat konten tentang pengembangan bisnis dunia digital, pemasaran lewat internet dan sebagainya.

● Karyawan bengkel, bisa membuat konten tutorial service kendaraan, tune up mesin, perawatan dan mengatasi masalah-masalah umum di motor dan mobil.

● Karyawan pabrik, bisa membuat konten tentang kesehariannya di pabrik.

Bagi yang masih bingung memulai, bisa melakukan riset konten di internet. Ada banyak tools yang bisa digunakan dalam keperluan riset ide konten, seperti Ubersuggest, Google Trends, Keyword Planner, Ahrefs dan Keywordtool.

Dengan bantuan tools di atas, Anda tidak perlu bingung lagi mencari ide konten menarik dan ramai dicari pengguna.

Freelancer

Meski selama ini freelancer menjadi opsi yang disarankan untuk memulai bisnis sampingan, namun sudah banyak profesional yang justru memilih menjalani profesi freelancer sebagai penghasilan utamanya.

Pasalnya seorang freelancer bebas menentukan jenis pekerjaan dan tempat pekerjaannya, dari yang lokal hingga ke luar negeri. Sehingga memungkinkan mendapat potensi gaji dan penghasilan yang lebih besar.

Anda bisa mendapatkan pekerjaan freelancer melalui situs seperti:

● Fastwork

● Upwork

● Sribulancer

● Projects

● SociaBuzz

● Fiverr

Dari berbagai situs di atas, Anda bisa mencari pekerjaan sampingan secara bebas dan bisa bekerja untuk beberapa proyek sekaligus.

Contoh jenis pekerjaan freelancer yang bisa dicoba sebagai karyawan diantaranya:

● Website Design

● Pembuatan Aplikasi

● Penerjemah

● Copywriting

● Photoshop

● Data Entry

● Link Building

● Content Writing

● dan masih banyak lagi.

Beberapa jenis pekerjaan Freelance di atas umumnya tanpa modal, atau hanya mengandalkan skill dan peralatan yang sudah dimiliki (laptop dan smartphone). Jadi keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 100%.

Membuat Produk Sendiri

Membuat produk atau bisnis sendiri sebagai bisnis sampingan masih sangat jarang dilakukan oleh para karyawan yang ingin mendapat penghasilan tambahan, kebanyakan mereka memutuskan menjadi reseller.

Padahal dengan menjual produk sendiri, terbukti bisa memberikan peluang margin keuntungan yang besar. Berbeda dengan menjadi reseller yang harus sudah stok barang dan menjualnya dengan batas harga yang ditentukan oleh produsen sebelumnya.

Anda bisa memulai dengan produk kesehatan, skincare, kosmetik, minuman, makanan, herbal dan parfum. Untuk bagian produksi, Anda tidak perlu repot untuk riset bahan dan desain, karena bisa menggunakan jasa maklon.

Keunggulan menggunakan jasa maklon adalah bisa mendapatkan produk jadi, tanpa perlu ribet atur perizinan dan hal lainnya. Sehingga jika mengikuti strategi pemasaran 4p (Product, Price, Place dan Promotion), Anda sudah melewati tahap produk dan tinggal menetapkan harga, tempat dan promosi penjualan.

Jasa Laundry

Bagi yang tinggal di perkotaan, tidak perlu ragu untuk memulai usaha jasa laundry. Pasalnya kebutuhan cuci baju ini sangat besar, apalagi yang tinggal dekat dengan kampus atau apartemen, karena kebanyakan mereka tidak sempat untuk cuci baju sendiri.

Jasa laundry juga patut untuk dicoba, karena memiliki modal minim. Beberapa alatnya, bahkan mungkin sudah Anda miliki, misalnya setrika dan mesin cuci. Namun bagi yang ingin serius membuka jasa laundry, berikut perhitungan modal dan keuntungannya:

Keuntungan di atas merupakan estimasi pelanggan minimal, sedangkan umumnya kebutuhan di kota akan lebih besar.

Pengelola Media Sosial

Siapa sih yang nggak pakai media sosial saat ini? baik perorangan maupun bisnis menggunakan media sosial sebagai media branding dan promosi. Sayangnya masih banyak usaha yang belum mengelola media sosialnya dengan baik. Padahal media sosial termasuk media pemasaran yang efektif.

Anda bisa menawarkan untuk mengelola media sosial, mulai dari ide caption, riset hashtag, ide konten dan optimasi akun media sosial lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan untuk kelola periklanan media sosial, seperti FB Ads, IG Ads, Youtube Ads dan TikTok Ads.

Pasalnya iklan melalui media sosial saat ini dianggap paling efektif dalam pemasaran. Karena melalui media sosial, bisa dilihat performa iklan dan di analisa hasil iklan yang dijalankan. Berbeda dengan koran atau sebar brosur yang tidak bisa diukur efektivitasnya..

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image