Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kuil Romawi Kuno yang Utuh Ditemukan di Belanda

Rabu 22 Jun 2022 00:07 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Para arkeolog telah menemukan tempat perlindungan Romawi kuno yang relatif utuh di provinsi Gelderland timur tengah Belanda.

Para arkeolog telah menemukan tempat perlindungan Romawi kuno yang relatif utuh di provinsi Gelderland timur tengah Belanda.

Foto: reuters
Kuil ditemukan di Gelderland timur tengah Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Para arkeolog telah menemukan tempat perlindungan Romawi kuno yang relatif utuh di provinsi Gelderland timur tengah Belanda. Badan warisan budaya Belanda menggambarkan penemuan itu sebagai hal yang luar biasa.

"Dulu ada beberapa kuil di sini. Kami telah menemukan sisa-sisa patung, relief, dan plester yang dicat," kata badan budaya Belanda dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Relawan membuat penemuan pertama pada 2021 di sebuah kota dekat Warisan Dunia UNESCO Roman Limau, kemudian memberi tahu UNESCO. Wilayah itu sebelumnya mewakili garis perbatasan kekaisaran Romawi pada tingkat terbesar di abad ke-2. 

"Ini sangat luar biasa (tidak hanya) untuk Belanda, tetapi juga internasional" ujar badan budaya Belanda. 

Badan itu menyatakan, sementara beberapa tempat suci Romawi dikenal di Belanda, ini adalah kompleks dan kuil lengkap pertama yang ditemukan. Batu nazar lengkap dan altar yang didedikasikan untuk berbagai dewa dan dewi telah digali di situs tersebut. 

Menurut badan tersebut, tempat itu telah digunakan selama berabad-abad selama Kekaisaran Romawi. Berbagai potongan dari situs tersebut akan dipajang di Museum Valkhof di Nijmegen, kota terbesar di Gelderland.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile