Rabu 22 Jun 2022 10:01 WIB

8 Karbohidrat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

Karbohidrat sangat penting untuk kesehatan dan kecuali dalam kondisi tertentu.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Oatmeal bisa jadi pilihan karbohidrat sebelum berolahraga.
Foto: Flickr
Oatmeal bisa jadi pilihan karbohidrat sebelum berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang masih takut untuk makan karbohidrat. Hal-hal seperti Diet Atkins dan Diet Keto telah membuat orang percaya bahwa menghindari karbohidrat adalah satu-satunya cara Anda dapat menurunkan berat badan atau menjalani hidup yang sehat. Hal itu mungkin tidak sepenuhnya benar.

Dilansir dari eatthis pada Rabu (22/6), karbohidrat sangat penting untuk kesehatan Anda dan kecuali Anda memiliki komplikasi kesehatan tertentu yang mengatakan sebaliknya. Namun, penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa tidak semua karbohidrat diciptakan sama.  

Baca Juga

Berikut delapan karbohidrat yang harus Anda makan setiap hari yaitu :

1. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan karbohidrat sehat yang dapat memberikan banyak manfaat dan dapat menjadi tambahan nutrisi untuk diet harian Anda. Makan ubi jalar secara teratur adalah tambahan yang bagus untuk diet seimbang ketika Anda mencoba membuat pilihan makanan sehat. 

Ubi jalar berukuran sedang memiliki sekitar 103 kalori dan empat dari 20 gram karbohidrat per porsinya berasal dari serat, nutrisi yang membantu kesehatan pencernaan yang tepat. Warna oranye cerahnya menunjukkan jumlah beta-karoten yang tinggi, yang penting untuk kesehatan mata.

2. Oatmeal

Oat adalah beberapa karbohidrat paling sehat yang dapat Anda konsumsi karena kandungan seratnya yang tinggi. Oatmeal memiliki serat larut dan tidak larut untuk membantu pencernaan dan telah terbukti memiliki sifat anti-diabetes dan penurun kolesterol. 

Sangat bagus untuk memasak oat secara tradisional di atas kompor.  Namun, saat ini, membuat oat semalaman dengan berbagai buah dan kacang-kacangan, atau memanggang oatmeal Anda menjadi kotak atau muffin di dalam oven, memotongnya menjadi beberapa bagian, dan menyajikannya dengan satu sendok yogurt Yunani juga merupakan cara yang populer untuk mengonsumsi oat.

3. Biji Gandum

Orang sering memilih quinoa sebagai alternatif nasi, yang dapat memberi Anda banyak serat bermanfaat. Quinoa adalah sumber karbohidrat yang sehat untuk dikonsumsi secara teratur. Tidak hanya mengandung serat, tetapi juga merupakan sumber protein untuk membantu Anda tetap kenyang dan memenuhi kebutuhan harian Anda.

4. Apel

Buah adalah cara yang bagus untuk mendapatkan porsi karbohidrat harian Anda. Rasa manis alaminya dapat membantu mengekang keinginan mengidam gula juga.

Apel juga kaya serat larut dengan manfaat prebiotik. Pektin adalah salah satu contohnya, dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung produksi asam lemak rantai pendek (SCFA) untuk bahan bakar mikrobioma usus Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement