Kamis 23 Jun 2022 11:32 WIB

Hyundai Gunakan Ioniq 5 untuk Uji Kendaraan Otonom

Uji coba dilengkapi dengan pengemudi yang akan mengawasi kinerja sistem otonom.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
 IONIQ 5.
Foto: Republika/Eric
IONIQ 5.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL--Ioniq 5 adalah salah satu produk mobil listrik andalan Hyundai. Kini, mobil dengan desain unik itu pun digunakan sebagai kendaraan untuk menguji kemampuan sistem kendali otonom.

Dikutip dari Drive pada Kamis (23/6/2022), pengujian ini sendiri dilakukan lewat kerja sama dengan perusahaan car-hailing service bernama RoboRide.

Baca Juga

Pengujian ini dilakukan di Seoul, Korea Selatan dengan melibatkan dua unit Hyundai Ioniq 5. Selain dibekali dengan beragam sensor yang terpasang di bagian eksterior, mobil ini juga ditunjang oleh perangkat lunak untuk sistem kendali otonom level empat.

Agar bisa berjalan dengan optimal, pengembangan kendaraan otonom ini juga merangkul otoritas Kota Seoul. Dengan kerja sama itu, maka kendaraan otonom bisa terhubung dengan beragam rambu-rambu lalu lintas dan infrastruktur yang terdapat di kota tersebut.

Taksi tanpa awak ini bisa dipesan lewat aplikasi. Untuk sementara, setiap kendaraan uji coba ini juga dilengkapi dengan seorang pengemudi yang akan mengawasi kinerja sistem kendali otonom.

Selain Hyundai, pabrikan lain yang baru saja melakukan uji kendaraan otonom adalah Mercedes Benz. Bulan lalu, pabrikan Jerman itu menjalani pengujian kendaraan otonom di Australia.

Pengujian ini sendiri menggunakan kendaraan Mercedes Benz S-Class. Agar bisa menguji dengan menyeluruh dan optimal, pembuktian kemampuan sejumlah sensor itu dilakukan di jalanan umum di Australia.

Mercedes Benz S-Class yang telah dimodifikasi itu telah melakukan pengujian di Australia selama sekitar tiga bulan. Sejumlah modifikasi itu terlihat dari adanya beberapa sensor seperti light detection and ranging atau lidar dan radio detection and ranging atau radar yang terpasang di bagian depan, belakang dan samping kendaraan.


Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَنَزَعْنَا مَا فِيْ صُدُوْرِهِمْ مِّنْ غِلٍّ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ الْانْهٰرُۚ وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ هَدٰىنَا لِهٰذَاۗ وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَآ اَنْ هَدٰىنَا اللّٰهُ ۚ لَقَدْ جَاۤءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّۗ وَنُوْدُوْٓا اَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ اُوْرِثْتُمُوْهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ
dan Kami mencabut rasa dendam dari dalam dada mereka, di bawahnya mengalir sungai-sungai. Mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan kami ke (surga) ini. Kami tidak akan mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak menunjukkan kami. Sesungguhnya rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran.” Diserukan kepada mereka, “Itulah surga yang telah diwariskan kepadamu, karena apa yang telah kamu kerjakan.”

(QS. Al-A'raf ayat 43)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement