Kamis 23 Jun 2022 12:20 WIB

3 Alasan untuk tidak Download Beta Pengembang iOS 16

Sudah ada versi awal iOS 16 yang saat ini tersedia untuk diunduh.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Fitur-fitur baru di iOS 16.
Foto: apple
Fitur-fitur baru di iOS 16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple mengumumkan iOS 16, sistem operasi seluler terbarunya di acara WWDC 2022. Mereka menargetkan tanggal rilis publik sekitar akhir 2022.

Namun, sudah ada versi awal iOS 16 yang saat ini tersedia untuk diunduh yakni iOS 16 Developer Beta 2.

Baca Juga

Dilansir dari CNET, Kamis (23/6/2022), mengunduh versi beta akan memberi Anda gambaran awal tentang fitur-fitur yang diungkapkan Apple selama keynote-nya awal bulan ini. Namun, karena iOS 16 masih dalam tahap awal saat ini, mengunduh Developer Beta tidak akan bermanfaat bagi kebanyakan orang.

Jika Anda bekerja sebagai pengembang aplikasi (app developer), mengunduh versi iOS ini bisa menjadi ide bagus karena memungkinkan untuk melihat lebih awal tentang sistem operasi berikutnya.

Namun, kebanyakan orang harus menunggu sampai rilis stabil pertama iOS 16 yang dijadwalkan akhir tahun ini, kemungkinan sekitar peluncuran iPhone 14 yang diperkirakan pada musim gugur. 

Jika Anda tergoda, ini tiga alasan besar mengapa Anda mungkin harus menunggu sebelum mengunduh beta pengembang iOS 16 ini:

Pengembang beta iOS 16 membutuhkan biaya. Jika Anda ingin menginstal iOS 16 secara sah di iPhone, Anda harus terlebih dahulu menjadi anggota Apple Developer Program. Biayanya 99 dolar Amerika Serikat (AS) per tahun atau sekitar Rp 1,4 juta untuk masing-masing pengembang. 

Sebagai anggota Apple Developer Program, Anda mendapatkan akses awal ke unduhan dan aplikasi perangkat lunak beta. Hal itu membantu pengembang membangun aplikasi mereka dengan lebih baik.

Alih-alih membayar untuk Apple Developer Program, Anda dapat menunggu hingga rilis beta publik iOS 16 pada Juli, yang akan memungkinkan Anda untuk menguji fitur dan pengaturan baru sebelum masyarakat umum.

Beta iOS 16 juga dapat membatasi beberapa fitur ponsel Anda. 

Jika Anda memutuskan untuk membayar Apple Developer Program dan mengunduh beta pengembang pertama iOS 16 dan memasangnya di iPhone utama Anda, mungkin awalnya tidak tampak seperti masalah. Namun, seperti halnya dengan setiap pengembang beta, iterasi awal iOS 16 ini memiliki bug yang dapat membuat perangkat lunak sulit digunakan. Bahkan jika beta pengembang pertama tidak memiliki banyak bug, versi berikutnya bisa.

Kecuali Anda siap menghadapi berbagai masalah bug, Anda tidak boleh menginstal iOS 16 di iPhone Anda, terutama jika itu adalah perangkat harian Anda.

Anda mungkin tidak dapat kembali ke iOS 15 tanpa menghapus data pribadi.

Jika Anda telah meningkatkan ke beta pengembang iOS 16 dan tiba-tiba Anda mengalami masalah, untuk kembali ke iOS 15 Anda harus mengarsipkan cadangan dari iOS 15. Satu-satunya cara Anda untuk menurunkan versi adalah dengan memulihkan iPhone Anda sebagai merek perangkat baru. Menginstal pembaruan seluler terbaru Apple (saat ini iOS 15.5), itu juga dapat menghapus data & pengaturan penting secara permanen dari ponsel Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement