Kamis 23 Jun 2022 15:13 WIB

Airnav Jelaskan Kronologi Kecelakaan Pesawat Susi Air

Semua penumpang kecelakaan Pesawat Susi Air berhasil selamat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Teguh Firmansyah
Pesawat Susi Air Jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Hauzet beserta 6 penumpang pagi ini diduga mengalami kecelakaan di rute Timika - Duma.
Foto: Dok. Istimewa
Pesawat Susi Air Jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Hauzet beserta 6 penumpang pagi ini diduga mengalami kecelakaan di rute Timika - Duma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat Susi Air rute Timika-Duma mengalami kecelakaan pada Kamis (23/6/2022). Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan, pesawat tersebut berangkat dari Bandara Moses Kilangin.

“Pesawat dengan registrasi PK-BVM tipe Pilatus Porter PC-6 tersebut lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT dengan pelayanan keberangkatan oleh AirNav Cabang Pembantu Timika dan diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT,” kata Rosedi dalam peryataan tertulisnya, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan, keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis tersebut membawa enam orang penumpang. Pesawat tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah.

AirNav kemudian mendapatkan informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan. “Ini langsung ditindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat dan koordinasi yang intens dengan BASARNAS Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM,” jelas Rosedi.

Berdasarkan informasi lanjutan, kata Rosedi, disampaikan bahwa PK-BVM ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM atau sekitar lima kilometer dari Duma.Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, Rosedi memastikan seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement