Jumat 24 Jun 2022 05:31 WIB

Twitter Notes, Begini Cara Buat dan Membagikannya

Twitter Note memungkinkan pengguna menulis panjang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Twitter telah mengumumkan bahwa fitur terbarunya, Notes. Fitur terbaru ini adalah cara baru untuk memungkinkan pengguna “menulis lebih lama”. 

Apa itu Twitter Notes?

Baca Juga

Twitter mengumumkan Notes- fitur blogging bentuk panjang baru dalam sebuah tweet, lengkap dengan dua GIF terpisah yang dibagikan yang menunjukkan cara kerja fitur tersebut di seluler dan di web.

Dilansir dari Pocket-Lint, Kamis (23/6/2022), untuk pengguna di negara tempat Twitter menguji Notes, Twitter mengatakan bahwa Anda akan melihat “Note cards” di linimasa Home jika Anda mengikuti seseorang yang berpartisipasi dalam pengujian (atau jika seseorang yang Anda ikuti me-retweet, mengutip tweet, atau membagikan tautan ke sebuah catatan).

Anda dapat berinteraksi dengan tweet Note dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan tweet biasa. Namun, tidak mungkin untuk bereaksi atau membalas artikel Note itu sendiri.

Bagaimana cara kerja Twitter Notes?

Twitter Notes belum tersedia untuk semua orang. Ketika diluncurkan lebih luas, itu mungkin terlihat dan bekerja secara berbeda daripada ketika Twitter pertama kali mengumumkannya.

Mulai menulis Notes

Buka Twitter dan masuk ke akun Anda.

 

Klik “Write” di bawah Messages di menu navigasi kiri. Layar Write akan muncul dengan semua draf Anda dan opsi untuk membuat Note muncul.

Saat membuat Note, Anda akan melihat:

1.      Pita pemformatan teks

2.      Kemampuan untuk menambahkan foto sampul

3.      Opsi untuk menyisipkan media, hadiah, dan tweet, melampirkan tautan, dan sebagainya.

Setelah selesai, Anda dapat menyematkan Note ke dalam tweet dan mempublikasikannya.

Anda dapat mengeditnya setelah diterbitkan. Tetapi pembaca akan dapat mengetahui bagaimana Note telah diedit oleh label yang diedit di bagian atas.

Menemukan dan membaca Notes

  1. Buka Twitter dan masuk ke akun Anda.
  2. Cari Notes (dibagikan oleh orang yang Anda ikuti) di Home timeline.
  3. Jika Anda melihatnya, Anda akan dapat membacanya tanpa meninggalkan Twitter.
  4. Anda juga dapat menavigasi ke profil pengguna untuk membaca catatan mereka yang diterbitkan di bawah tab Notes baru.

Membagikan Notes

  1. Buka Twitter dan masuk ke akun Anda.
  2. Arahkan ke Note.
  3. Pilih ikon bagikan.
  4. Salin tautan atau kirim melalui Direct Message.
  5. Anda juga dapat me-retweet dan mengutip tweet Notes di timeline Anda.

Batasan kata atau karakter

Judul dibatasi hingga 100 karakter dan isi Note dibatasi hingga 2.500 kata.

Siapa yang bisa membaca Twitter Notes?

Pada Juni 2022, Twitter mengatakan orang-orang “di sebagian besar negara” akan dapat membaca Notes terlepas dari apakah mereka menggunakan Twitter atau tidak.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَتَرَى الشَّمْسَ اِذَا طَلَعَتْ تَّزَاوَرُ عَنْ كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِيْنِ وَاِذَا غَرَبَتْ تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِيْ فَجْوَةٍ مِّنْهُۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ ۗمَنْ يَّهْدِ اللّٰهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُّضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ وَلِيًّا مُّرْشِدًا ࣖ
Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas di dalam (gua) itu. Itulah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

(QS. Al-Kahf ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement