Kamis 23 Jun 2022 17:04 WIB

4 BUMN Kolaborasi Danai Reaktivasi Lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban

Pengerjaan reaktivasi membutuhkan waktu selama enam bulan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Kereta Api Mak Itam salah satu warisan budaya dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan kolaborasi untuk melakukan Reaktivasi jalur kereta lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Kereta Api Mak Itam salah satu warisan budaya dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan kolaborasi untuk melakukan Reaktivasi jalur kereta lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan kolaborasi untuk melakukan Reaktivasi jalur kereta lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban. Keempat BUMN tersebut yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero). 

"Dengan kolaborasi epat BUMN ini danti KAI didukung pendanaan dan dalam bentuk sponsorship," kata Didiek dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (23/6/2022). 

Baca Juga

Didiek menyebut panjang lintasan kereta yang akan direaktivasi tersebut sekitar empat kilometer. Jalur tersebut nantinya akan melayani kereta wisata yang akan ditarik oleh lokomotif uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam. 

Dia menambahkan, pengaktivan kembali jalur tersebut juga merupakan bagian dari arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk membangkitkan kembali pariwisata di Sumatra Barat. "Tidak hanya mencari keuntungan tapi ini lebih besar lagi bagi masyarakat," tutur Didiek. 

Didiek memastikan peletakan batu pertama Reaktivasi jalur tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat atau Ditargetkan pada akhir Juni atau Juli 2022. Didiek menyebut, pengerjaan reaktivasi membutuhkan waktu selama enam bulan.

"Awal Januari 2023 diharapkan bisa beroperasi," ucap Didiek. 

Melalui dukungan Bio Farma, Pupuk Indonesia, SIG, dan KAI akan melakukan perbaikan prasarana berupa perbaikan rel, jembatan, terowongan, dan prasarana pendukung lainnya. Saat ini, KAI juga sedang melakukan perbaikan lokomotif uap atau Mak Itam buatan Jerman pada 1965. 

"Nanti masing-masing BUMN akan mendapatkan naming rghts dan berbagai benefits komersial lainnya pada stasiun serta kereta yang nanti dioperasikan," ujar Didiek. 

Direktur Utama Bo Farma Honesti Basyir mengatakan kerja sama tersebut menjadi bukti konkret sinergi BUMN. Honesti mengatakan upaya tersebut juga merupakan upaya untuk menggerakkan ekonomi setelah pandemi. 

"Kami juga berkomitmen membantu sukseskan ini meskipun Bio Farma tidak ada wilayah kerja di Padang," ucap Honesti. 

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto mengharapkan kolaborasi tersebut dapat menggerakan sektor pariwista. Begitu juga dengan mengembalikan perekonomian di Sumatra Barat. 

"Kali Pupuk Indonesia di wilayah kerja intens dengan pertaniannya. Kami juga punya wilayah kerja. tentunya ini juga bisa kami upayakan dalam mensosialisasikan Pupuk Indonesia dalam konteks kerja sama kita," jelas Nugroho. 

Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal memastikan juga mendukung pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahluto-Muara Kalaban. Donny mengharapka sinergi tersebut dapat mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO debagai warisa dunia baru. 

"Semoga degan diaktifkannya kembali jalur kereta ini dapat memberikan pilihan destinasi wisata dan edukasi baru yang dapat menopang kebangkitan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan juga mampu membuka lapangan kerja," ungkap Donny.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement