Kamis 23 Jun 2022 17:10 WIB

KBRI Bekerja Sama dengan BNI Dorong Produk UMKM ke Negeri K-POP

Produk-produk UMKM binaan BNI diboyong ke Imported Goods Fair (IGF) 2022 di Seoul

(Ki-ka) Chairman & CEO KOIMA Kim Byung-Kwan, Executive Vice Chairman KOIMA Kim Young-Sun, Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies, Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara BNI dengan KOIMA, Kamis (23/6/2022).
Foto: BNI
(Ki-ka) Chairman & CEO KOIMA Kim Byung-Kwan, Executive Vice Chairman KOIMA Kim Young-Sun, Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies, Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara BNI dengan KOIMA, Kamis (23/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - KBRI Seoul bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. terus mendorong perdagangan produk Indonesia di Korea Selatan. Dalam rangka ini KBRI Seoul, BNI, dan Kementerian Perdagangan memboyong produk-produk UMKM binaan BNI dalam event Imported Goods Fair (IGF) 2022. Langkah ini diharapkan dapat terus mendorong kinerja transaksi ekspor Indonesia. 

Ajang pameran yang diselenggarakan pada 23-25 Juni 2022 di Coex Seoul ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Korea Importers Association (KOIMA). Event ini digelar untuk mendukung produsen dan supplier luar negeri mempromosikan produk-produk kepada importir dan konsumen di Korea Selatan. 

Baca Juga

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BNI dengan KOIMA. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies dengan Executive Vice Chairman KOIMA Kim Young-Sun. 

Penandatanganan MoU ini mencakup kerja sama dalam program business matching dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan eksportir Indonesia dan importir Korea Selatan. Acara ini disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto serta Chairman & CEO KOIMA Kim Byung-Kwan. 

Pada event IGF tahun ini, Paviliun Indonesia membawa mitra UMKM binaan BNI dalam program Xpora untuk berpartisipasi dan mempromosikan produk-produk unggulan. Produk-produk yang ditampilkan seperti mebel dan dekorasi kayu, perhiasan perak dan mutiara, hingga kopi dan produk makanan.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengungkapkan Negeri K-Pop ini memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia. Ini mengingat 82% penduduk Korea Selatan tinggal di perkotaan dan memiliki usia harapan hidup terpanjang. Sepanjang Januari–Mei 2022, BNI berhasil mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 30,62%.

"Dengan adanya kerja sama BNI dengan KOIMA kami mengharapkan BNI dapat menjadi pintu gerbang pagi perusahaan Indonesia untuk masuk ke pasar Korea Selatan yaitu dengan secara langsung mempertemukan dengan importirnya, sekaligus menguatkan peran kami sebagai bank global asal Indonesia," kata Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto

Kerja sama KBRI, BNI, dan Kementerian Perdagangan dalam event IGF 2022 ini akan memberikan dampak langsung kepada nasabah Xpora. Terlebih, BNI mulai menerima banyak permintaan dari anggota KOIMA untuk melakukan business matching selama pameran.

BNI pun telah bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Korea Selatan dan Kementerian Perdagangan untuk terus menggali potensi pasar di Korea Selatan, termasuk dengan mendorong kolaborasi bersama diaspora. 

"Hal ini merupakan upaya untuk menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, serta mendorong UMKM dalam negeri untuk masuk pasar internasional sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri. Kami juga menyediakan fasilitas permodalan bagi para pelaku UMKM diaspora," kata Corina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement