Kamis 23 Jun 2022 19:55 WIB

Imunoterapi Tingkatkan Angka Harapan Hidup Pengidap Kanker, Tapi ...

Imunoterapi efektif terhadap kanker paru, payudara, dan serviks.

Red: Reiny Dwinanda
Simbol solidaritas terhadap pengidap kanker (ilustrasi). Pada pengidap kanker paru, imunoterapi memberikan angka harapan hidup lima tahun sebesar empat kali lebih tinggi dibandingkan standar pengobatan kemoterapi.
Foto: www.freepik.com
Simbol solidaritas terhadap pengidap kanker (ilustrasi). Pada pengidap kanker paru, imunoterapi memberikan angka harapan hidup lima tahun sebesar empat kali lebih tinggi dibandingkan standar pengobatan kemoterapi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan, imunoterapi menjadi salah satu terobosan di dunia medis yang dapat meningkatkan angka harapan hidup pengidap kanker. Imunoterapi merupakan inovasi pengobatan kanker terbaru yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh individu untuk mengenali dan menyerang sel kanker.

"Dalam perkembangannya, ternyata (imunoterapi) diketahui efektif terhadap kanker paru, kanker payudara, dan kanker serviks--yang angka kasusnya terbesar ini, sehingga meningkatkan harapan hidup yang cukup besar," kata Prof Aru saat diskusi virtual pada Kamis (23/6/2022).

Baca Juga

Prof Aru menjelaskan, sel kanker memiliki kemampuan untuk menyamarkan diri sehingga sulit dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh. Namun, dengan imunoterapi, sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan sehingga mampu mendeteksi sel kanker untuk kemudian dihancurkan.

Imunoterapi merupakan salah satu modalitas terapi kanker selain pembedahan, radioterapi, terapi hormonal, terapi target, dan kemoterapi. Untuk menentukan terapi yang tepat, dilakukan berbagai tes seperti Programmed Death-ligand 1 (PD-L1).

PD-L1 adalah protein transmembran yang berperan penting dalam menekan dukungan adaptif dari sistem kekebalan selama peristiwa atau kondisi tertentu. Tes dengan PD-L1 imunohistokimia pada pasien akan menunjukkan tingkat ekspresi PD-L1 pada jaringan tumor.

Semakin tinggi ekspresi PD-L1, respons akan semakin baik terhadap imunoterapi. Hasil uji klinis menunjukkan, pengobatan imunoterapi dapat membantu menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker, mencegah kanker menyebar ke bagian tubuh lain, dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam menghancurkan sel kanker.

Pada pengidap kanker paru, Prof Aru mengatakan, imunoterapi memberikan angka harapan hidup lima tahun sebesar empat kali lebih tinggi dibandingkan standar pengobatan kemoterapi. Imunoterapi juga menurunkan angka risiko terjadinya efek samping berat hingga 22 persen.

"Sedangkan pada pasien kanker payudara tripel negatif (TNBC) yang dirawat dengan kombinasi imunoterapi dan kemoterapi, dapat mengurangi risiko kematian hingga 27 persen," jelas Prof Aru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement