Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

10 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Gabung ke Liverpool, Ini Tren Negatif yang Dikikis oleh Fabio Carvalho

Jumat 24 Jun 2022 04:50 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

 Fabio Carvalho dari Fulham merayakan gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Southampton dan Fulham di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 15 Mei 2021.

Fabio Carvalho dari Fulham merayakan gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Southampton dan Fulham di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 15 Mei 2021.

Foto: Glyn Kirk / Pool via AP
Carvalho digadang-gadang bisa memberikan dampak besar buat Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Fabio Carvalho direkrut Liverpool dari Fulham dengan banderol transfer mencapai lima juta poundsterling.

Telah lebih dari tiga tahun memperkuat klub asal Inggris dalam rentang usia 16 hingga 21 tahun, Carvalho pun berstatus sebagai pemain homegrown atau pemain lokal.

Meski berkebangsaan Portugal, Carvalho tetap berhak menyandang status pemain homegrown lantaran sudah lebih dari tiga tahun berlatih dan memperkuat klub asal Inggris.

Gelandang serang berusia 19 tahun itu diketahui telah bergabung bersama Fulham sejak usia 13 tahun, tepatnya pada 2015 silam. Carvalho pun sempat dipromosikan ke tim utama Fulham pada musim 2020/2021.

Pada musim berikutnya, Carvalho telah tampil secara reguler bersama The Cottagers di Divisi Championship. Kendati begitu, ada tren negatif yang menyertai kepindahan pemain berstatus homegrown.

Pemain-pemain homegrown cenderung direkrut dengan nilai transfer selangit atau setidaknya lebih dari 50 juta poundsterling. Pemain-pemain seperti Aaron Wan-Bissaka, Ben White, Jadon Sancho, Kyle Walker, Jack Grealish, Ben Chilwell, John Stones, dan Harry Maguire diketahui berstatus pemain homegrown saat direkrut dengan transfer selangit dari klubnya masing-masing.

Namun, sebagian besar pemain tersebut dinilai gagal menjawab ekpektasi besar dari nilai transfer selangit tersebut. Jack Grealish dan Harry Maguire menjadi contoh terbaik dari anggapan tersebut. Belum lagi dengan tren penurunan performa seperti yang dialami Aaron Wan Bissaka di Manchester United.

Berdasarkan lansiran Liverpool Echo, Carvalho memiliki peluang untuk bisa mematahkan tren negatif tersebut. Bahkan, Carvalho sudah mematahkan tren tersebut saat diboyong The Reds dengan nilai transfer lima juta euro.

Besaran nilai transfer ini terbilang jauh lebih murah dibanding saat United mendatangkan Wan-Bissaka dengan banderol transfer mencapai 50 juta poundsterling.

Tidak hanya itu, dari segi kemampuan, Carvalho pun digadang-gadang bisa memberikan dampak besar buat The Reds pada musim depan.

''Meski berposisi asli sebagai gelandang serang, Carvalho piawai ditempatkan di berbagai posisi bermain, mulai dari winger, penyerang sayap, hingga gelandang tengah,'' tulis laporan Liverpool Echo, Jumat (24/6).

Kerap disebut-sebut memiliki gaya permainan yang sama seperti bintang asal Brasil, Phillipe Coutinho, Carvalho dinilai memiliki keunggulan tersendiri dibanding Coutinho. Kemampuan bertahan pemain kelahiran Portugal itu dianggap lebih baik dibanding Coutinho.

Berdasarkan data statistik, tidak ada pemain remaja yang mencatatkan assist lebih banyak dibanding Carvalho di pentas League Two hingga Liga Primer Inggris pada musim lalu. Carvalho tercatat mengemas delapan assist dan 10 gol dari 36 penampilan di Divisi Championship musim lalu.

''Pada musim sebelumnya, Liverpool terbukti cukup cerdik dalam perekrutan pemain. Andrew Robertson, yang direkrut dari Hull City dengan banderol transfer sebesar delapan juta poundsterlting, langsung tampil impresif bersama The Reds. Bukan tidak mungkin, Carvalho bisa mengikuti jejak Robertson tersebut,'' lanjut laporan Liverpool Echo.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile