Jumat 24 Jun 2022 13:32 WIB

Arsenal Harus Bisa Finis di Empat Besar

Musim Depan

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Manajer Arsenal Mikel Arteta bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Newcastle United dan Arsenal FC di Newcastle, Inggris, 16 Mei 2022.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Manajer Arsenal Mikel Arteta bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Newcastle United dan Arsenal FC di Newcastle, Inggris, 16 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan bek kiri Arsenal, Nigel Winterburn, menilai, Mikel Arteta harus bisa membawa The Gunners finish di empat besar Liga Primer Inggris musim depan.

Capaian ini dibutuhkan pelatih asal Spanyol itu untuk membalas kekecewaan besar pada musim ini. Telah begitu dekat dengan kemungkinan finish di empat besar dan tampil di Liga Champions musim depan, Arsenal malah harus puas mengakhiri Liga Primer Inggris di peringkat kelima.

Berada di peringkat keempat saat Liga Primer Inggris musim ini menuntaskan pekan ke-30, Arsenal justru gagal memetik poin penuh di tiga laga berikutnya. The Gunners menyerah di tangan Brighton, Cyrstal Palace, dan Southampton.

Di sisi lain, Spurs hanya menelan satu kekalahan di delapan laga akhir Liga Primer Inggris. Akhirnya, Arsenal harus gigit jari usai tertinggal dua poin dari Spurs dan harus puas mengakhiri Liga Inggris di peringkat kelima dengan koleksi 69 poin.

Winterburn menyebut, musim ini sebenarnya menjadi kesempatan terbaik buat Arteta untuk bisa membawa kembali Arsenal finish di empat besar dan tampil di Liga Champions musim depan. Tidak hanya soal perekrutan pemain pada awal musim, The Gunners juga sebenarnya diuntungkan lantaran tidak tampil di kompetisi Eropa pada sepanjang musim ini.

''Setelah periode libur natal, mereka sudah berada di posisi yang tepat. Dengan kondisi itu, mereka seharusnya bisa finish di peringkat keempat. Namun, mereka malah kehilangan poin penting. Arteta tahu, kegagalan itu menjadi kekecewaan terbesarnya. Mereka terlalu banyak menelan kekalahan,'' ujar Winterburn seperti dilansir Daily Star, Jumat (24/6).

Untuk itu, bek kiri Arsenal pada 1987 hingga 2000 itu menyebut, Arteta diharapkan bisa membalas kekecewaan itu pada musim depan. Pelatih berusia 40 tahun itu mesti berhasil membawa The Gunners finish di empat besar di Liga Primer Inggris musim depan.

Namun, Winterburn menilai, untuk bisa mencapai target tersebut, Arteta harus menjawab berbagai tantangan, terutama soal kebijakan rotasi pemain di skuad The Gunners. Pasalnya, berbeda pada musim ini, Arsenal bakal merumput di Liga Europa pada musim depan.

''Dia tidak bisa mengulangi kekecewaan pada musim ini. Dia harus bisa membawa tim ini finish di empat besar. Saya suka dengan apa yang coba dia bangun di Arsenal."

"Namun, masih ada beberapa catatan. Dia harus bisa membuktikan kemampuannya. Dia membutuhkan skuad yang cukup besar, karena Arsenal akan tampil di Liga Europa,'' kata mantan pemain yang mengantarkan Arsenal meraih tiga gelar juara kompetisi kasta tertinggi di Inggris tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement