Dispar DIY Imbau Wisatawan Waspadai Subvarian Omicron

Red: Fernan Rahadi

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5
Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 | Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau wisatawan di provinsi ini untuk mewaspadai potensi penularan subvarian Omicron BA 4 dan BA 5 yang telah dikonfirmasi masuk Indonesia.

"Kami harus tetap mengimbau terus kewaspadaan itu karena ada BA 4 dan BA 5," kata Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo di Yogyakarta, Jumat (24/6/2022).

Singgih mengatakan pencegahan harus dilakukan bersama-sama baik oleh wisatawan maupun pengelola destinasi wisata agar penularan subvarian Omicron itu tidak merambah wilayah DIY. Meski kapasitas pengunjung sudah diperbolehkan 100 persen, ia berharap wisatawan tetap menjaga kepatuhan menggunakan masker serta protokol kesehatan lainnya. Sedangkan, bagi pengelola destinasi wisata, ia meminta sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan prokes tetap disediakan, toilet harus bersih, makanan atau kuliner yang dijajakan juga dipastikan higienis.

Selain mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi, Singgih meminta pengunjung dapat menginstal aplikasi Visiting Jogja untuk reservasi pembelian tiket di sejumlah objek wisata sehingga tidak ada antrean di loket.Ia berharap wisatawan, pengelola wisata, maupun masyarakat umum dapat menjaga momentum aktivitas pariwisata yang kini sudah mulai menggeliat.

"Sekarang ini kan sudah mulai masuk libur sekolah, grup-grup sekolah sudah mulai masuk meramaikan destinasi wisata yang basisnya memang untuk massal," ucap Singgih.

Koordinator Penegakan Hukum Satgas COVID-19 DIY Noviar Rahmad berharap masyarakat dan wisatawan di DIY tetap menjaga kepatuhan menerapkan prokes karena hingga kini masih terjadi penambahan kasus harian Covid-19.

Meskipun ada pelonggaran, menurut dia, melepas masker boleh dilakukan hanya saat berada di ruang terbuka dan saat tidak ada kerumunan.Noviar juga meminta para pengelola usaha perhotelan di DIY tetap disiplin memberlakukan pemindaian aplikasi PeduliLindungi bagi setiap tamu yang menginap.

"Kami harapkan kesadaran pengelola hotel, misalnya terkait penerapan PeduliLindungi. Kalau di ruangan tertutup seperti di hotel kan pengunjung harus pakai masker," ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kemenkes: 143 Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia

Dua Warga Depok Positif Subvarian Omicron BA.5 Dinyatakan Sembuh

Kemenkes: Hasil WGS, 143 Kasus Terkonfirmasi BA.4 & BA.5

Sudah Vaksinasi Lengkap? Ini Gejala Omicron yang Harus Diwaspadai

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Mudah Menular pada Anak-Anak

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark