Jumat 24 Jun 2022 16:48 WIB

Hati-Hati, Kondisi Ini pada Kuku Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Kuku bisa mengindikasikan kondisi gangguan kesehatan yang serius..

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Kuku bisa mengindikasikan kondisi gangguan kesehatan yang serius.
Foto: Pixabay
Kuku bisa mengindikasikan kondisi gangguan kesehatan yang serius.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata, kuku bisa menjadi indikator kesehatan secara keseluruhan jika diperhatikan dengan baik. Menurut Healthline, dikutip Jumat (25/6/2022), kesehatan kuku seringkali dapat mengungkapkan masalah lain yang terjadi di dalam tubuh. 

Kuku bisa menunjukkan asupan nutrisi yang buruk atau pencernaan yang buruk. Namun, kuku terkadang bisa mengindikasikan kondisi yang lebih serius, seperti penyakit ginjal.

Baca Juga

Ketika tubuh memenuhi tuntutan di bagian tubuh lain, maka dia mengarahkan energi menjauh dari kuku yang tumbuh, yang merupakan prioritas lebih rendah, misalnya, melawan infeksi. Hal ini terkadang dapat menyebabkan kelainan pada kuku yang menunjukkan sesuatu yang lebih besar sedang terjadi, sampai kuku itu tumbuh kembali.

Rambut, kulit, dan kuku mengandung protein yang sama, yaitu keratin. Sama seperti rambut dan kulit yang semakin kering seiring bertambahnya usia, kuku juga mengalami hal sama. Hal ini dapat menyebabkan tonjolan vertikal saat kuku harus mempertahankan kelembapan.

Lantas, apa arti dari bentuk lengkungan pada kuku? Beberapa orang mungkin memiliki bentuk lengkungan vertikal pada kuku yang membentang dari dalam hingga ke ujung kuku. Sebanyak 20 persen orang dewasa memiliki lengkungan ini yang merupakan tanda dari penuaan.

Garis melengkung berupa tonjolan ini dikenal dengan Beau. Bentuk ini ada ketika kuku mengalami cedera sehingga menghentikan pertumbuhan kuku, misalnya cedera karena terjepit di pintu atau terluka saat manikur.

Namun, Beau juga bisa menjadi tanda penyakit serius, yakni sakit ginjal akut. Hal yang perlu diwaspadai adalah apabila Beau muncul pada 10 kuku tangan, dan 10 jari kaki. Apabila muncul dengan kondisi tersebut maka bisa menjadi tanda penyakit paratiroid, gondok, diabetes yang tidak terkontrol, sifilis, gangguan pernapasan, hingga kekurangan zinc.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement