Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

 

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

2025, Indonesia Targetkan Ada 6 Juta Unit Motor Listrik

Jumat 24 Jun 2022 17:55 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pengguna sepeda motor( Ilustrasi). Penggunaan sepeda motor listrik diharapkan dapat menghemat bahan bakar minyak sekitar 13 juta barel per tahun.

Pengguna sepeda motor( Ilustrasi). Penggunaan sepeda motor listrik diharapkan dapat menghemat bahan bakar minyak sekitar 13 juta barel per tahun.

Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Sepeda motor listrik diharapkan dapat kurangi emisi karbon dan hemat konsumsi BBM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia menargetkan ada enam juta unit sepeda motor listrik dalam kurun waktu tiga tahun ke depan hingga 2025. Sepeda motor listrik itu diharapkan dapat tersebar di berbagai daerah sebagai langkah mengurangi emisi karbon dan menghemat konsumsi bahan bakar minyak.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan pemerintah melibatkan beragam pemangku kepentingan untuk mencapai target tersebut. Salah satu langkahnya ialah dengan mengikutsertakan perusahaan-perusahaan pelat merah dalam program konversi dan pengembangan infrastruktur yang dapat menunjang ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga

"Implementasi program ini akan mampu menghemat bahan bakar minyak (BBM) sekitar 13 juta barel per tahun atau senilai Rp 16 triliun per tahun, penurunan emisi karbon dioksida sebesar 4 juta ton per tahun, dan peningkatan konsumsi listrik sebesar 2,4 terawatt jam per tahun," ujar Ego di sela-sela sidang kedua Kelompok Kerja Energi Transisi (ETWG) Presidensi G20 Indonesia yang dikutip di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Kementerian ESDM pada Jumat menandatangani nota kesepahaman dengan PLN dan Pertamina untuk program konversi sepeda motor listrik. Kemudian, nota kesepahaman juga ditandatangani antara PLN dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN untuk kredit kepemilikan kendaraan listrik sekaligus pengembangan infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

Ego menilai program konversi sepeda motor listrik merupakan langkah yang baik karena memberikan manfaat untuk peningkatan keterampilan baru bagi generasi muda, membuka lapangan kerja baru dengan adanya bengkel konversi, dan meningkatkan produksi komponen lokal. Pada 2021, Kementerian ESDM telah melakukan konversi 100 unit sepeda motor yang tersebar di seluruh satuan kerja Kementerian ESDM wilayah Jabodetabek.

Sebanyak 100 sepeda motor itu telah lulus uji dan layak jalan serta mendapatkan pelat nomor berwarna biru dari pihak kepolisian. Setelah berhasil melakukan konversi 100 unit sepeda motor bensin ke listrik, Kementerian ESDM akan kembali melakukan konversi motor bensin ke motor listrik sebanyak 1.000 unit pada tahun ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile