Sabtu 25 Jun 2022 14:39 WIB

Gubernur Emil Rencanakan Qurban di Palestina atas Nama Eril

Sebagai arsiteknya, Emil juga akan hadir meresmikan Masjid Syekh Ajlin

Red: Sandy Ferdiana
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima rombongan dari Aman Palestin Indonesia (API) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (24/6).
Foto: Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima rombongan dari Aman Palestin Indonesia (API) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (24/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebagai upaya melanjutkan ketauladanan almarhum Emmeril Kahn Mumtadz, atau yang biasa disapa Eril di masa hidupnya, sang ayah yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan menunaikan ibadah qurban di Gaza, Palestina. Rencana itu disampaikan Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, saat menerima rombongan dari Aman Palestin Indonesia (API) di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (24/6/2022).   

photo
(Isimewa)

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Direktur API Ustadz Miftahuddin Kamil, hadir di Pakuan bersama syekh Palestina Belal Jamal Kamil Habil. Dalam kesempatan itu, Ustadz Miftahuddin dan Syekh Belal menyampaikan salam takziah dari Kementerian Wakaf dan Agama serta tokoh Islam Palestina di Gaza kepada Kang Emil.

Tidak lupa, haturan terima kasih disampaikan Ustadz Miftahuddin dan Syekh Belal atas pembangunan Masjid Syekh Ajlin, yang desain arsitektur dan penggalangan dananya diprakarsai oleh Kang Emil. API dan sejumlah tokoh Palestina juga menyambut baik rencana Kang Emil yang akan hadir dalam peresmian Masjid Syekh Ajlin di Gaza kelak.

‘’Kami juga berterima kasih atas rencana Pak Ridwan Kamil yang akan menyembelih hewan qurban atas nama almarhum Eril dan keluarga di Gaza pada momentum Idul Adha,’’ ujar ustadz Miftahuddin.

Berkaitan dengan ikhtiar penyelesaian pembangunan Masjid Syekh Ajlin yang kini tinggal sekitar 20 persen lagi, Kang Emil mengaku akan membantu mengikhtiarkan berupa rekomendasi penggalangan dana ke daerah-daerah di Jawa Barat, melalui berbagai aktivitas yang dilakukan API.

‘’Insya Allah, saya akan ke Gaza menghadiri acara peresmian masjid Syekh Ajlin. Ini sekaligus penghargaan balasan dari kami keluarga atas atensi dan doa para warga Palestina di Gaza, khususnya terhadap syahidnya Eril,’’ tutur Kang Emil.

photo
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kedua kanan), Direktur Aman Palestin Indonesia Ustadz Miftahuddin Kamil (kanan), syekh Palestina Belal Jamal Kamil Habil (kedua kiri) saat bersilatuhaim di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (24/6). - (Istimewa)

Hikmah dari Eril

Menyinggung tentang hikmah dari banyaknya orang yang takziah untuk Eril, Emil mengatakan, hikmahnya secara spiritual ternyata banyak dan nyaris tidak terduga. ‘’Eril adalah seorang mahasiswa yang biasa-biasa. Saya, sebagai orangtuanya sungguh kaget setelah Eril wafat, ternyata Eril itu luar biasa,’’ kata Emil.

Amal Sholehnya, kebaikannya, ungkap Emil, sangat luar biasa. Dalam peristiwa itu, kata Emil, Allah tampaknya ingin memberi hikmah pelajaran kepada yang masih hidup. ‘’Ya, itulah sosok Eril sebagai manusia yang seharusnya begitu. Artinya, harus beribadah, beramal Sholeh, dan memberi keteladanan," tuturnya.

Emil menceritakan, Eril sering berbuat baik atau bersedekah tanpa diketahui orang tuanya. Pernah suatu ketika pulang ke rumah, wajahnya luka-luka. Almarhum Eril tidak berkata apa adanya saat ditanya orang tuanya. Padahal Eril baru saja berkelahi membantu tukang ojek yang dikeroyok.

‘’Pernah juga dalam acara wisuda, membantu menyeberangkan jalan orang lain yang sulit menyebrang tanpa tahu orang yang dibantunya. Eril berprinsip, tangan kanan bersedekah, sedapat mungkin tangan kiri tidak mengetahuinya," ujar Emil menceritakan.

Emil menambahkan, kini sudah ada 10 lagu dan sejumlah puisi dari masyarakat, serta ada ide seniman yang akan mendaurulang ribuan kembang ucapan duka cita untuk Eril menjadi karya seni.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement