Sabtu 25 Jun 2022 23:00 WIB

BMKG Balikpapan Deteksi 14 Titik Panas

14 titik panas itu tersebar di empat kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim).

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan mendeteksi adanya 14 titik panas (hotspot), Sabtu (25/6/2022).
Foto: Antara
Ilustrasi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan mendeteksi adanya 14 titik panas (hotspot), Sabtu (25/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan mendeteksi adanya 14 titik panas (hotspot), Sabtu (25/6/2022). Sehari sebelumnya, terdeteksi sejumlah titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sebanyak 14 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 17.00 wita yang tersebar di empat kabupaten," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Sabtu.

Baca Juga

Ia pun langsung menginformasikan sebaran 14 titik panas tersebut ke pihak terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Kaltim maupun kabupaten setempat, guna memperoleh penanganan lebih lanjut. Adapun, 14 titik panas yang tersebar pada empat kabupaten di Kaltim, yakni di Kabupaten Paser terdeteksi 2, di Kabupaten Kutai Barat 1, Kabupaten Kutai Timur 5, dan Kabupaten Berau terdeteksi 6.

Sedangkan rinciannya adalah 1 titik panas di Kutai Barat berada di Kecamatan Siluq Ngurai yang memiliki tingkat kepercayaan menengah, pada titik koordinat 115.9982 bujur dan -0.5837 lintang. Kemudian 6 titik panas di Kabupaten Berau tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Talisayan ada 3 dan Kecamatan Segah terdeteksi 3, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Untuk 5 titik panas yang terpantau di Kabupaten Kutai Timur tersebar pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Kaubun, Kongbeng, dan Kecamatan Rantau Pulung yang masing-masing terdapat 1. Masih di Kutai Timur, sebanyak 2 titik panas lainnya terdeteksi di Kecamatan Telen, dengan semua hot spot tersebut memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Berikutnya adalah 2 titik panas yang berada di Kabupaten Paser, keduanya berada di Kecamatan Batu Sopang dan masing-masing memiliki tingkat kepercayaan menengah," ucap Carolina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement