Ahad 26 Jun 2022 01:10 WIB

Ini Keju Terbaik untuk Tulang Kuat Menurut Pakar Diet

Keju kaya kalsium yang sangt dibutuhkan tulang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Keju kaya kalsium yang sangt dibutuhkan tulang.
Foto: PxHere
Keju kaya kalsium yang sangt dibutuhkan tulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keju punya rasa lezat dan mengandung banyak nutrisi pendukung kesehatan. Pakar nutrisi dan ahli diet terdaftar Roxana Ehsani menyebut keju sebagai makanan yang sempurna untuk menu camilan di antara waktu makan berat dalam sehari.

Ehsani menginformasikan, keju merupakan sumber protein yang baik. Satu ons keju dapat memiliki antara enam sampai 10 gram protein, tergantung jenisnya. Keju juga bagus untuk kesehatan usus, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan. 

Baca Juga

Pasalnya, beberapa keju mengandung bakteri sehat yang mungkin bertindak sebagai probiotik. Terlepas dari berbagai manfaat kesehatan itu, keunggulan keju adalah karena kaya kalsium, mineral untuk kesehatan tulang. Menjaga kadar kalsium dalam tubuh amat penting.

Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan tulang yang lebih lemah serta peningkatan risiko untuk mengembangkan fraktur dan penyakit tulang. Kadar kalsium yang memadai juga penting untuk gigi, jantung, saraf, dan otot supaya berfungsi dengan baik.

Ada satu keju yang mungkin lebih baik daripada jenis yang lain untuk mendukung tulang, yakni keju parmesan. "Parmesan tidak hanya mengandung kalsium tertinggi di antara keju lainnya, tetapi juga mengandung fosfor, mineral pendukung tulang penting lainnya," kata Ehsani. 

Setiap satu ons (dua sendok makan) keju parmesan bisa memenuhi 34 persen asupan kalsium harian yang direkomendasikan dan 30 persen asupan fosfor yang direkomendasikan. Kebanyakan orang dewasa butuh 1.000 miligram kalsium per hari.

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition Journal menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi sejumlah tinggi kalsium dan fosfor mendukung massa tulang lebih kuat. Bonus lain, parmesan rendah laktosa sehingga cocok bagi orang yang tidak toleran laktosa.

Ehsani menyarankan konsumsi keju parmesan dengan cara menambahkannya ke hidangan yang disantap atau saus. Bisa juga menikmati sepotong keju parmesan bersama sayuran dan buah. Cara lain, menaburkannya pada roti panggang, salad, atau semangkuk biji-bijian, dikutip dari laman Eat This, Sabtu (25/6/2022).

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement