Ahad 26 Jun 2022 16:40 WIB

Ratusan Calhaj Asal Pangandaran Diberangkatkan

Ratusan calhaj asal daerahnya itu seharusnya dijadwalkan berangkat pada 2020.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, melepas keberangkatan 185 calhaj, Ahad (26/6/2022).
Foto: Humas Kemenag Pangandaran
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, melepas keberangkatan 185 calhaj, Ahad (26/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,PANGANDARAN -- Sebanyak 185 orang calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Pangandaran dilepas keberangkatannya untuk menunaikan ibadah haji pada Ahad (26/6/2022). Para calhaj itu akan lebih dulu menginap di Asrama Haji Bekasi sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, ratusan calhaj asal daerahnya itu seharusnya dijadwalkan berangkat pada 2020. Namun, keberangkatan mereka harus tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Kalau sesuatu kesulitan kita sikap dengan arif, sabar dan ikhlas saya yakin bencana akan teratasi. Alhamdulillah kalau kita bersabar indah pada waktunya," kata Jeje saat melepas keberangkatan para calhaj asal Kabupaten Pangandaran, Ahad.

Menurut dia, pelaksaan ibadah haji pada tahun ini juga belum optimal. Sebab, masih ada pembatasan kuota jamaah asal Indonesia. Alhasil, kuota keberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Pangandaran ikut terdampak.

"Hari ini meski tidak sempurna harusnya 300 orang tapi hanya 185. Namun hal ini patut kita syukuri," kata dia. 

Jeje berpesan kepada para calhaj agar selalu menjaga kesehatan dan pola makan. Para calhaj juga diingatkan tetap melaksanakan ibadah wajib lainnya selama menunaikan ibadah haji.

Ia juga berharap para calhaj asal Pangandaran dapat kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. "Saya minta maaf jika belum bisa memfasilitasi dengan baik keberangkatan bapak ibu sekalian," kata dia.

Berdasarkan data yang didapat Republika, dari total 185 orang calhaj asal Pangandara, sebanyak 106 orang adalah perempuan dan 79 orang laki-laki. Calhaj termuda berusia 19 tahun dan calhaj tertua berusia 64 tahun.

Para calhaj itu akan menginap terlebih dahulu di Asrama Haji Bekasi sebelum berangkat ke Arab Saudi. Para calhaj akan tergabung dalam kloter 34 bersama 108 calhaj asal Kabupaten Bogor, 106 jamaah asal Kabupaten Ciamis, sehingga total keseluruhan calhaj berjumlah 410 orang. 

Para calhaj itu dijadwalkan masuk asrama pada Senin (27/6/2022) sekitar pukul 06.00 WIB. Setelah itu, para calhaj dijadwalkan berangkat dari Asrama Haji Bekasi menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (28/6/2022) sekitar pukul 02.40 WIB untuk kemudian diberangkatkan menuju Bandara Madinah pada pukul 06.40 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement