Ahad 26 Jun 2022 15:40 WIB

Mahasiswa IT Harus Punya 3 Skill Ini Agar Peluang Kerja Tercipta Lebih Luas

Jangan takut melakukan perubahan dan kerjakan semua dengan penuh ketekunan

Red: Budi Raharjo
Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan seminar karier.
Foto: Universitas BSI
Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan seminar karier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa dalam menangkap peluang karier, menginisiasi Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan seminar karier. Kegiatan ini mengangkat tema “Tren dan Peluang Karir di bidang IT”, yang berlangsung sukses diselenggarakan di Aula Universitas BSI kampus Kramat 98, Senen, Jakarta Pusat, pada Kamis (23/06).

Sriyadi selaku Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI menyampaikan bahwa, seminar karier ini merupakan ajang bagi mahasiswa, mengetahui persiapan apa yang dilakukan sejak dini, agar mereka dapat menangkap peluang karier di bidang IT saat lulus nanti.

“Di seminar ini, prodi Sistem Informasi memberikan pembekalan yang baik bagi mahasiswa/i Universitas BSI, khususnya di prodi Sistem Informasi. Agar mereka lebih terampil dan pandai dalam menangkap peluang karier yang ada,” terangnya dalam rilis yang diterima, Jumat (24/6).

Ia pun berpesan pada seluruh mahasiswa/i Universitas BSI agar tidak takut untuk melakukan perubahan selama itu baik dan dapat menunjang karier di masa depan. “Jangan takut melakukan perubahan dan kerjakan semua dengan penuh ketekunan juga semangat yang tinggi,” pesannya pada seluruh peserta seminar, Kamis (24/6).

Sementara itu, Achmad Yahya Sjarifuddin selaku Corporate Project Management and Business Partnership, CBN (Cyberindo Aditama) yang hadir sebagai narasumber mengatakan bahwa, mahasiswa perlu dibekali dengan informasi terbaru yang sedang berkembang seperti revolusi industri 4.0. Sesuai dengan tren dimana Internet of Thing (IoT) menjadi bagian dalam perubahan saat ini. 

“Ada 20 job atau peran pekerjaan yang sedang meningkat kebutuhannya dan 20 bidang pekerjaan juga mengalami penurunan permintaannya, maka mahasiswa harus bisa mengambil peluang agar bisa segera mempersiapkan diri belajar sebaik mungkin untuk menggapai job tersebut,” ungkap Yahya.

Tiga hal penting, katanya, yang harus ditekankan dalam menghadapi peluang karier di bidang IT yaitu: pertama, mahasiswa harus memiliki skill agar dapat bersaing, kedua mahasiswa harus menambah knowledge agar skills yang terus bertambah.

“Dan yang ketiga, mahasiswa harus memiliki attitude agar menjadi pribadi yang menarik juga dikagumi banyak orang,” paparnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement