Ahad 26 Jun 2022 20:10 WIB

MotoGP Belanda: Bagnaia Juara, Quartararo Dua Kali Jatuh

Bagnaia melahap 26 lap GP Belanda dengan catatan waktu tercepat 40 menit 25,205 detik

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pembalap Ducati Francesco Bagnaia beraksi di MotoGP Belanda.
Foto: EPA-EFE/Vincent Jannink
Pembalap Ducati Francesco Bagnaia beraksi di MotoGP Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, ASSEN -- Pembalap Ducati Francesco Bagnaia finis tercepat untuk menjadi juara MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Ahad (26/6/2022). Bagnaia melahap 26 lap dengan catatan waktu 40 menit 25,205 detik. 

Runner-up menjadi milik Marco Bezzecchi yang konsisten sejak awal balapan. Ini jadi podium pertama bagi pembalap asuhan Valentino Rossi ini. Sementara Vinnales, yang mengawali balapan dari grid 11, mampu menempati podium ketiga. 

Baca Juga

Laju Fabio Quartararo harus terhenti di tikungan 5 pada lap 5, usai berusaha menyalip Aleix Espargaro. Namun Quartararo berusaha bangkit dengan kembali balapan. Sayang, pembalap Yamaha tersebut kembali terjatuh di tikungan yang sama.

Kondisi ini membuat Francesco Bagnaia yang mengawali balapan dari starting grid semakin nyaman di posisi terdepan. Di sisi lain, Bezzecchi terus menempel Bagnaia dari awal balapan.  Bahkan pembalap Ducati itu tak pernah menjauh dari Bagnaia.

Aleix Espargaro, yang sempat terjun ke posisi 15 akibat insiden dengan Quartararo, terus berjuang untuk kembali ke 10 besar. Ia bahkan berada di posisi ketujuh pada lap 20.  Namun ia kesulitan memperpendek jarak dengan Jorge Martin di posisi keenam.

Dua lap terakhir terjadi duel sengit untuk tempat ketiga antara Maverick Vinnales dan Jack Miller. Miller gagal menyalip sampai detik terakhir. Yang luar biasa adalah Aleix Espargaro, yang finis di peringkat empat, setelah tertinggal di posisi 15 lewat drama salip menyalip di lap terakhir.

Hasil MotoGP Belanda 2022

1. Francesco Bagnaia (40 menit 25,205 detik)

2. Marco Bezzecchi

3. Maverick Vinales

4. Aleix Espargaro

5. Brad Binder

6. Jack Miller

7. Jorge Martin

8. Joan Mir

9. Miguel Oliveira

10. Alex Rins

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement