Senin 27 Jun 2022 09:44 WIB

Bank Makanan Baznas Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi Pekerja Rentan di Depok dan Jakarta

Baznas memberikan akses makanan sehat untuk orang yang kekurangan

Red: Gita Amanda
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui program Bank Makanan berbagi kebahagiaan dan meringankan beban para pekerja rentan dengan mendistribusikan makanan siap saji di wilayah Depok dan Jakarta.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui program Bank Makanan berbagi kebahagiaan dan meringankan beban para pekerja rentan dengan mendistribusikan makanan siap saji di wilayah Depok dan Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui program Bank Makanan berbagi kebahagiaan dan meringankan beban para pekerja rentan dengan mendistribusikan makanan siap saji di wilayah Depok dan Jakarta.

"Tim Divisi Kemanusiaan Baznas RI secara konsisten mendistribusikan makanan siap saji bagi pekerja rentan dan pedagang kecil. Hal ini merupapakan upaya Baznas memberikan akses makanan sehat untuk orang yang kekurangan," ujar Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan MA, di Jakarta, Senin (27/6/2022), dalam siaran persnya.

Baca Juga

Saidah mengatakan, tim menyalurkan paket makanan siap saji di wilayah Leuwinanggung, Sukatani, Jati jajar, Cilodong, Kalimulya, jalan Margonda, Beji, Kukusan Kota Depok. "Program ini telah berlangsung sejak 2019 dan telah mendistribusikan puluhan ribu makanan siap saji bagi masyarakat rentan, terutama saat pandemi Covid-19," jelas Saidah.

Menurut Saidah, Baznas terus berinovasi dengan program yang inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada muzaki (orang yang membayar zakat, infak dan sedekah atau disingkat ZIS dan dana sosial keagamaan lainnya atau DSKL), serta mustahik (penerima ZIS).

"Bank Makanan Baznas ini mencoba menyelesaikan dua masalah besar yaitu mengurangi jumlah makanan yang terbuang sia-sia dan memberikan akses makanan sehat untuk orang yang kekurangan melalui pendekatan kolaboratif bekerja sama dengan berbagai pihak," jelasnya.

Selain itu, Saidah mengatakan, melalui program Bank Makanan, Baznas kampanyekan dua hal yaitu mengajak masyarakat menghindari perilaku mubadzir dan berlebihan serta meningkatkan semangat berbagi, khususnya berbagi makanan.

Salah satu penerima manfaat, Kaman yang bekerja sebagai tukang becak di Depok merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan Baznas. "Kakek seneng banget dapat nasi, Alhamdulillah, akhirnya bisa makan siang, lagi sepi penumpang Nak," katanya kepada tim Baznas.

Kakek berusia 85 tahun itu bercerita, dirinya belum sering tak dapat mencukupi kebutuhan makanannya, karena jarang mendapatkan penumpang.

Rasa syukur dipanjatkan Kaman, saat dibantu Tim Layanan Aktif Baznas. Dia pun berharap semakin banyak yang terbantu melalui program-program Baznas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement