Senin 27 Jun 2022 19:14 WIB

Apakah Vaksin Cacar Air Efektif untuk Lawan Cacar Monyet?

Kasus cacar monyet sudah ditemukan di 50 negara.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin cacar air (Ilustrasi). Termasuk dalam kelompok penyakit akibat virus cacar, infeksi cacar monyet (monkeypox) juga bisa dihindari dengan pemberian vaksin cacar air.
Foto:

Dr Putu mengatakan, masyarakat yang kontak dengan hewan pembawa virus monkeypox ini sebelumnya bisa memakai alat pelindung diri yang memadai. Tak hanya itu, ia menganjurkan untuk menghindari kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi cacar monyet.

Selain itu, dr Putu merekomendasikan untuk menghindari konsumsi daging hewan liar yang tidak dimasak dengan sempurna. Sebab, itu bisa jadi media penularan cacar monyet.

"Bagi yang rutin beraktivitas di luar rumah harus menjaga kebersihan tangan, termasuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir," katanya.

Yang tak kalah penting yaitu menggunakan masker untuk meminimalisasi terkena droplet orang di sekitar. Dr Putu mengingatkan, masyarakat tentu tak tahu siapa di sekitar mereka yang terinfeksi cacar monyet atau Covid-19 sehingga, pemakaian masker diharapkan juga menjadi langkah pencegahan penularan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement