Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

16 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Besok. Planet Neptunus akan Berbalik Arah Saat Bergerak di Langit

Senin 27 Jun 2022 14:10 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Planet Neptunus

Planet Neptunus

Foto: Express.co.uk
Gerakan retrograde Neptunus akan berakhir pada 3 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Selasa dini hari (28/6/2022), planet Neptunus akan memasuki retrograde. Ini adalah fenomena pergerakan planet ke arah timur melintasi langit malam berhenti dan pergerakan ke arah barat dimulai.

Setelah Selasa, Neptunus akan memulai putaran retrograde ke barat yang akan berlangsung hingga awal Desember, tulis ahli geofisika Chris Vaughan, astronom amatir dengan SkySafari Software yang mengawasi Night Sky calendar Space.com.

Baca Juga

Menurut Vaughan, pengamat langit akan dapat mengamati piringan biru samar Neptunus di teleskop. Waktu yang tepat dari fenomena ini bervariasi tergantung pada lokasi spesifik Anda. Untuk memeriksa waktunya, Anda bisa menggunakan aplikasi skywatching seperti SkySafari atau perangkat lunak seperti Starry Night.

Pergerakan “mundur” planet-planet melintasi langit, yang dikenal sebagai retrograde, disebabkan oleh orbit Bumi mengelilingi matahari dan bagaimana perspektif kita berubah selama perjalanan tahunan Bumi melalui ruang angkasa.

“Retrograde loop terjadi ketika Bumi, pada orbit yang lebih cepat lebih dekat ke matahari, melewati planet yang lebih jauh ‘di jalur dalam’,” tulis Vaughan, dilansir dari Space, Senin (27/6/2022).

“Membuat mereka tampak bergerak mundur melintasi bintang-bintang”.

Semakin jauh dari matahari, semakin lama planet menghabiskan waktu dalam gerakan retrograde akordeon. Gerakan retrograde Neptunus akan berakhir pada 3 Desember 2022.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile