Selasa 28 Jun 2022 02:19 WIB

Polres Cirebon Tangkap Pasutri Produsen dan Pengedar Uang Palsu

Pasangan suami-istri itu menjual uang palsu melalui media sosial.

Red: Andi Nur Aminah
Petugas Kepolisian Polres menunjukkan uang palsu (ilustrasi)
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Petugas Kepolisian Polres menunjukkan uang palsu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Satreskrim Polres Cirebon Kota, Jawa Barat, menangkap pasangan suami-istri produsen uang palsu, dan dijual atau diedarkan melalui media sosial. "Kami tangkap pasangan suami-istri berinisial DM (37) dan US (32), keduanya terlibat kasus memalsukan dan mengedarkan uang," kata Kepala Polres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar,di Cirebon, Senin (27/6/2022).

Ia mengatakan selain menangkap mereka, polisi juga membekuk FA (14), yang merupakan pengedar uang palsu. Menurut dia, awal pengungkapan kasus itu setelah FA membelanjakan uang palsu kepada salah satu pedagang untuk mendapatkan kembalian uang asli. Akan tetapi korban yang merupakan seorang pedagang curiga dengan kondisi uang dibelanjakan FA, dan kemudian dipastikan itu uang palsu.

Baca Juga

"Setelah mengetahui uang yang dibelanjakan palsu, korban langsung mengejar FA dan mengamankan serta membawa ke Polsek terdekat," katanya.

Ia setelah diinterogasi, FA mengaku mendapatkan uang palsu dari pasangan suami-istri itu melalui media sosial. Polisi langsung bergerak dan menangkap mereka yang merupakan warga Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Setelah ditangkap, ternyata pasangan suami-istri ini memproduksi dan menjual uang palsu," ujarnya.

Dari tangan tersangka polisi menyita sebanyak 69 lembar pecahan Rp 5.000, 93 lembar pecahan Rp 20 ribu, 307 lembar pecahan Rp 50 ribu, dan 60 lembar pecahan Rp 100 ribu. Selain itu, petugas juga menyita mesin cetak, kertas, gunting, pisau pemotong, dan lain-lain. Akibat perbuatannya para tersangka dijerat pasal 244 KUHP jo pasal 36 dan 37 UU Nomor 7/2011 tentang Mata Uang dengan ancaman kurungan penjara paling lama seumur hidup dan denda Rp 100 miliar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement