Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

 

19 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Fernandinho Pilih Kembali ke Klub Masa Remajanya di Brasil

Selasa 28 Jun 2022 00:20 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Fernandinho dari Manchester City.

Fernandinho dari Manchester City.

Foto: AP/Julian Finney/Pool Getty
Fernandinho memperkuat Athletico Paranaense di Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, CURITIBA -- Tak butuh waktu lama bagi Fernandinho untuk menemukan klub baru. Setelah masa tugasnya di Manchester City berakhir, ia pulang ke Brasil.

 

Ia menandatangani kontrak dengan klub asal negeri samba, Athletico Paranaense. Tim berjuluk Rubro-Negro bukan sesuatu yang asing baginya. Ia memulai kariernya di sana.

Baca Juga

Ia tak asal membuat keputusan. Fernandinho mengaku mendapat banyak tawaran. Sejumlah tim Brasil dan dari negara lain juga menginginkannya.

"Namun keputusan yang paling bijaksana adalah kembali ke rumah, dan mencoba memberikan yang terbaik di sini, di Atletico sekarang," kata pesepak bola 37 tahun itu, dikutip dari laman BBC, Selasa (28/6/2022).

Pada masa lalu, Fernandinho pernah mempekuat tim yang bermarkas di Arena da Baixada ini, yaitu dari 2002 hingga 2005. Selama periode tersebut ia tampil dalam 72 pertandingan liga domestik dan mencetak 14 gol.

Setelahnya ia menuju Eropa. Di Benua Biru, ia berkostum Shakhtar Donetsk dari 2005 sampai 2013. Dalam jangka waktu tersebut, ia unjuk gigi di 284 pertandingan berbagai kompetisi dan mencetak 53 gol.

Tampil gemilang di Ukraina membuat Fernandinho dilirik Manchester City. Alhasil pemilik 53 caps tim nasional Brasil itu lantas merapat ke Inggris. Total sembilan musim, ia bermarkas di Etihad Stadium. 

Selama periode tersebut, Fernandinho tampil dalam 383 laga di berbagai ajang, dan mencetak 26 gol. Ia menjadi pemimpin di klub tersebut. Ia mengoleksi semua gelar domestik di Negeri Ratu Elizabeth.

Di penghujung kariernya, Fernandinho balik lagi ke negara asalnya. "Saya sangat senang, saya berterima kasih kepada keluarga saya, yang mendukung saya, dalam membuat keputusan ini," ujarnya.

Di Atletico ia akan bekerja sama dengan Luiz Felipe Scolari. Nama terakhir merupakan eks pelatih Chelsea FC. Scolari pernah mengantarkan armada Selecao menjuarai Piala Dunia 2002.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile