Selasa 28 Jun 2022 11:17 WIB

Penampilan Kunto Aji di Panggung Swaraya Disambut Hujan

Lagu-lagu Kunto Aji seolah menghangatkan suasana panggun Swaraya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Penampilan Kunto Aji di hari kedua festival musik Swaraya di Kebun Raya Bogor, Sabtu (25/6).
Foto: Dok Swaraya
Penampilan Kunto Aji di hari kedua festival musik Swaraya di Kebun Raya Bogor, Sabtu (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hujan menyambut penampilan musisi Kunto Aji di hari kedua konser musik Swaraya di area Kebun Raya Bogor, akhir pekan lalu. Suasana dingin dan basah di lapangan rumput pun termaafkan dengan suguhan lagu menghangatkan hati sarat makna dari Kunto Aji.

Melalui tembang-tembang slice of life, Kunto Aji membawa penonton untuk menyelami dan menghargai diri sendiri. Berbalut busana jas berwarna krem, malam itu Kunto Aji memulai sesi penampilan dengan lagu "Rancang Rencana" dan "Mercusuar".

Baca Juga

Kunto Aji meminta penonton untuk meluapkan segala perasaan selama menyimak penampilannya. "Kita di sini mengolah rasa, apapun rasa yang kalian punya, memori yang datang, biarkan hadir. Silakan diekspresikan, mau nangis, ketawa, apa pun," ucapnya pada penonton.

"Saudade" juga jadi lagu yang tidak lupa dibawakan Kunto Aji. Ketika dia melantunkan sebuah lagu, pada layar terpampang kisah yang selaras dengan lagu. Terdengar suara sejumlah orang yang menyampaikan betapa lagu tersebut sangat berarti dan menolong hidup mereka.

Misalnya, sebelum Kunto Aji menyanyikan lagu "Pilu Membiru", terdengar suara seorang perempuan bercerita tentang kerinduan yang sangat mendalam pada ayah dan ibu yang telah tiada. Suara sosok-sosok lain terdengar dengan kisahnya masing-masing.

Setiap orang memang memiliki pengalaman pilu, baik itu rindu atau sesal atas apa yang sudah terjadi. Kunto Aji meminta penonton merelakan dan mengikhlaskan semua. Pesan positif lain pun dia sampaikan lewat lagu berjudul "Ekspektasi" dan "Konon Katanya".

Saat membawakan salah satu lagu, Kunto berjalan ke arah depan panggung untuk mengajak penonton sing along. Namun, ketika kembali ke posisi awal, dia tersandung dan hampir terjatuh. Untungnya, Kunto menguasai diri dan hanya tertawa salah tingkah.

Lagu "Rehat" yang sarat makna menjadi salah satu favorit penonton. Pada bagian lirik "yang kau takutkan takkan terjadi", para penonton menyanyikannya serempak penuh semangat. Kunto Aji segera menimpali dengan doa. "Aamiin," ujarnya.

Sama seperti penonton, Kunto Aji pun menikmati penampilannya di festival musik yang memperkenalkan wajah baru Kebun Raya Bogor dan mengampanyekan pelestarian lingkungan itu. "Semoga Swaraya bisa ada terus, konsepnya keren dan bagus banget," ungkap Kunto sesaat setelah penampilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement