Selasa 28 Jun 2022 12:12 WIB

Terkena Sanksi Ekonomi, Rusia Gagal Bayar Utang

Sanksi ekonomi menyebabkan Rusia tidak dapat mencairakan dana dari kreditur global.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Rusia. Rusia diyakini telah gagal membayar utang untuk pertama kalinya sejak 1998. Rusia sebelumnya telah melewatkan pembayaran utang yang jatuh tempo pada Ahad (26/6/2022).
Bendera Rusia. Rusia diyakini telah gagal membayar utang untuk pertama kalinya sejak 1998. Rusia sebelumnya telah melewatkan pembayaran utang yang jatuh tempo pada Ahad (26/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia diyakini telah gagal membayar utang untuk pertama kalinya sejak 1998. Rusia sebelumnya telah melewatkan pembayaran utang yang jatuh tempo pada Ahad (26/6/2022) lalu, dilansir BBC, Selasa (28/6/2022). 

Rusia memiliki uang untuk melakukan pembayaran utang sebesar 100 juta dolar AS. Namun sanksi ekonomi yang dijatuhkan terhadap Rusia menyebabkan negara tersebut tidak dapat mencairakan dana dari kreditur internasional. 

Baca Juga

Juru bicara Rusia Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, pernyataan gagal bayar atau default atas negaranya benar-benar tidak dapat dibenarkan. Menurut Kremlin, bank perantara telah melakukan pemblokiran cadangan secara tidak sah.

Gedung Putih mengatakan Rusia telah gagal membayar imbal hasil obligasi internasionalnya. Sanksi ekonomi yang dijatuhkan kepada Rusia secara efektif memotong negara tersebut dari sistem keuangan global. Menteri keuangan Rusia menyebut situasi itu sebagai lelucon dan diperkirakan akan berdampak jangka panjang. 

Di sisi lain, kepala eksekutif di konsultan Macro Advisory yang berbasis di Moskow Chris Weafer mengatakan Rusia tidak perlu mengumpulkan uang secara internasional karena telah memiliki pendapatan dari komoditas mahal seperti minyak.

Sementara itu, pembayaran bunga senilai 100 juta dolar AS juga jatuh tempo pada 27 Mei. Rusia mengatakan uang itu dikirim ke Euroclear, bank yang kemudian akan mendistribusikan pembayaran kepada investor.

Dikutip Reuters, beberapa pemegang obligasi Rusia Taiwan dalam denominasi euro belum menerima pembayaran bunga. Jika uang belum diterima dalam waktu 30 hari dari tanggal jatuh tempo, maka akan dianggap sebagai default.

Rusia membantah mereka telah gagal membayar utang. Juru bicara Kremlin mengatakan telah melakukan pembayaran pada Mei. Namun, menurutnya, pembayaran tersebut diblokir oleh Euroclear karena sanksi.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ يٰٓاَيُّهَا الَّذِينَ اٰمَنُوْٓا اِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ الْاَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُوْنَهَا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙفَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ
Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih.

(QS. At-Taubah ayat 34)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement