Selasa 28 Jun 2022 11:49 WIB

Menpora Tegaskan tak akan Boikot Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Menpora memahami simpati besar rakyat Indonesia terhadap Palestina.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Piala Dunia U-20 2023 Indonesia
Foto: DOK PSSI
Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan penolakan terhadap Timnas Israel U-20 pada ajang Piala Dunia U-20 2023 tidak bisa dibenarkan. Dia mengatakan sudah ada jaminan bagi Israel untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Hal ini sudah dibahas sejak 2019 lalu saat Israel belum dipastikan lolos.

"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023 dipersilakan untuk bermain," kata Zainudin saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga

Zainudin memahami adanya penolakan dari berbagai pihak atas kedatangan Israel karena serangan dan penjajahan yang mereka lakukan kepada penduduk Palestina. Mayoritas masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, punya rasa simpati yang amat besar terhadap Palestina yang menderita karena panjajahan Israel.

Namun, Zainudin mengatakan olahraga tidak bisa dikaitkan dengan politik. "Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," katanya.

Menpora menyebutkan, Indonesia hanya berstatus sebagai tempat pertandingan. Sementara yang memiliki hak atas penyelenggaraan tersebut adalah FIFA.

"Saat Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah, kita sudah setuju dengan semua ketentuan FIFA, yang salah satunya hrs menyiapkan tempat pertandingan untuk semua negara peserta yang lolos Piala Dunia U-20," kata Menpora menjelaskan.

Senada dengan itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan pihaknya akan menyampaikan kepada masyarakat bahwa Israel lolos sesuai dengan aturan dari FIFA. Sehingga, Israel atau tim mana pun yang memastikan lolos berhak untuk bermain di putaran final. Pemerintah Indonesia maupun PSSI tidak mempunyai kewenangan untuk membatalkan keikutsertaan Israel.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang lolos bisa datang," kata Yunus Nusi. "Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel," tambahnya. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement