Selasa 28 Jun 2022 17:29 WIB

Bisa Jadi Sarang Jamur, Begini Cara Membersihkan Mesin Cuci

Jamur dan lumut di mesin cuci adalah penyebab mesin pengap dan pakaian apek.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Mesin cuci (iustrasi)
Foto: www.flickr.com
Mesin cuci (iustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita mungkin mencuci pakaian, handuk, dan sprei setidaknya seminggu sekali. Tetapi seberapa sering Anda benar-benar membersihkan mesin cuci? 

Ada kemungkinan bahwa jamur dan lumut di mesin cuci adalah penyebab mesin pengap dan pakaian apek. Pembersihan mesin cuci secara teratur diperlukan, terutama jika pakaian memiliki bau belerang. 

Baca Juga

Kabar baiknya adalah jika jamur sudah ada di mesin cuci, Anda dapat menghilangkannya dan menghentikan penyebarannya. Berikut ini tips membersihkan mesin cuci, dilansir dari CNEt:

Buka pintu mesin

Saat-saat usai mengeluarkan pakaian dari mesin cuci menjadi lingkungan yang gelap dan lembab persis seperti yang lingkungan disukai jamur. Kelembaban yang terperangkap saat ditutup dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan bau yang tidak sedap. 

Untuk membantu mesin cuci bernafas dan menghentikan jamur berkembang di tempat pertama, Anda perlu membiarkan pintu mesin cuci tetap terbuka.

Segera lepas pakaian yang basah

Pastikan Anda sudah siap mencuci ketika sudah memasukkan banyak cucian ke dalam mesin. Karena itu, hindari menyalakan mesin cuci sebelum berangkat kerja atau tidur. Ini menghentikan pembentukan jamur tidak hanya di mesin cuci tetapi juga pada pakaian yang baru dicuci.

Setelah digunakan, keringkan bagian yang lembab

Pastikan untuk menyeka area lembab pada mesin cuci setelah selesai menggunakannya untuk hari itu. Tutup, drum, pintu, gasket karet, dan dispenser deterjen. 

Untuk mencegah kelembaban tersisa, pastikan untuk mengeringkan mesin cuci sepenuhnya, termasuk segelnya. Dan meskipun kontaminasi jamur dapat terjadi di mesin cuci manapun, mesin cuci bukaan depan dengan efisiensi tinggi (juga dikenal sebagai HE) sangat rentan terhadap jamur.

Oleh karena itu, segel di sekitar pintu harus dibersihkan dan dijaga tetap kering secara teratur. Gasket secara efektif menyegel kelembaban yang dapat mendukung pertumbuhan jamur sekaligus mencegah air bocor keluar di sekitar pintu. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement