Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Klopp Tak Lagi Butuh Pemain Gelandang buat Liverpool?

Selasa 28 Jun 2022 10:28 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Manajer Liverpool Juergen Klopp memberikan tepuk tangan kepada para penggemar di akhir pertandingan sepak bola semifinal Piala FA Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Wembley di London, Sabtu, 16 April 2022.

Manajer Liverpool Juergen Klopp memberikan tepuk tangan kepada para penggemar di akhir pertandingan sepak bola semifinal Piala FA Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Wembley di London, Sabtu, 16 April 2022.

Foto: AP Photo/Frank Augstein
Carragher menilai Liverpool membutuhkan gelandang tengah anyar.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool baru mendatangkan tiga pemain anyar sejak jendela transfer musim panas kali ini dibuka pada pertengahan bulan ini.

 

Setelah merampungkan kepindahan Fabio Carvalho dan Calvin Ramsay, The Reds juga telah menyelesaikan kepindahan penyerang asal Uruguay, Darwin Nunez, dari Benfica.

Namun, dari tiga pemain tersebut, tidak ada satupun gelandang tengah yang didatangkan The Reds. Carvalho merupakan gelandang serang dan bisa ditempatkan sebagai winger, sedangkan Ramsay merupakan bek kanan, yang diproyeksikan menjadi pelapis Trent Alexander-Arnold.

Padahal, kekhawatiran soal kehadiran gelandang tengah anyar sempat disuarakan oleh mantan bek tengah Liverpool, Jamie Carragher. Merujuk pada kegagalan Liverpool memetik poin penuh saat ditahan imbang Chelsea, 2-2, Januari silam, Carragher menilai, The Reds membutuhkan gelandang tengah anyar.

Terlebih, dengan gaya permainan yang diusung Jurgen Klopp, yang menuntut pressing ketat dari lapangan tengah, Liverpool membutuhkan tenaga baru di lini tengah guna menyongsong musim depan.

''Lini tengah Liverpool musim ini jarang memberikan tekanan kepada para pemain lawan. Lini tengah menjadi problem terbesar Liverpool pada musim ini,'' ujar Carragher kepada Sky Sports, beberapa waktu lalu.

The Reds sebenarnya sempat disebut-sebut tengah membidik gelandang tengah anyar, termasuk dengan kemungkinan merekrut Aurelien Tchouameni. Namun, gelandang berusia 22 tahun itu akhirnya lebih memilih merapat ke Real Madrid.

Bidikan The Reds kemudian tertuju pada gelandang Porto, Otavio, dan gelandang Borussia Dortmund, Jude Bellingham. Kendati begitu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, dikabarkan sudah puas dengan komposisi pemain di lini tengah The Reds pada saat ini.

''Dengan begitu, Liverpool bisa menunggu waktu yang tepat untuk merekrut gelandang yang tepat, ketimbang merekrut pemain yang belum terbukti mampu tampil konsisten pada jendela transfer musim panas kali ini,'' tulis laporan The Athletic seperti dilansir Express, Selasa (28/6).

Saat ini, Klopp memiliki delapan pemain yang bisa ditempatkan di posisi gelandang tengah, yaitu Jordan Henderson, Fabinho, Thiago, James Milner, Alex Oxlaide-Chamberlain, Naby Keita, Harvey Elliot, dan Curtis Jones.

Dari deretan pemain ini, trio Henderson-Fabinho-Thiago menjadi tiga pemain yang paling sering diturunkan Klopp sebagai starter pada musim ini dengan tampil di 11 laga.

Apabila bebas dari cedera dan dalam kondisi terbaik, tiga pemain ini merupakan pilihan utama Klopp untuk mengisi lini tengah Liverpool. Lini tengah menjadi sektor permainan yang paling sering dirotasi pelatih asal Jerman tersebut.

Setidaknya ada 11 kombinasi trio di lini tengah yang sempat diturunkan Klopp pada sepanjang musim ini. Liverpool memang memiliki skuad yang cukup dalam di lapangan tengah.

Kehadiran para pemain muda, Jones dan Elliot, bisa menjadi pelapis pemain-pemain yang lebih senior, seperti Henderson, Fabinho, Thiago, dan Keita. Pun dengan pilihan menurunkan Oxlaide-Chamberlain saat eks pemain Arsenal itu telah pulih dari cedera.

Kendati begitu, bukan berarti Liverpool tidak menutup sepenuhnya kemungkinan merekrut gelandang anyar pada jendela transfer musim panas kali ini.

''Liverpool mungkin masih bisa menunggu hingga 2023 mendatang untuk mendatangkan gelandang anyar. Namun, hal itu bisa berubah apabila ada tawaran yang cukup menguntungkan di bursa transfer,'' lanjut laporan The Athletic tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile