Selasa 28 Jun 2022 20:30 WIB

PDPI: Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Tetap Penting Cegah Kasus Covid-19 Naik

Di tengah penyebaran subvarian son of omicron, kasus Covid-19 kembali naik.

Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Subvarian omicron BA.4 dan BA.5 ditemukan di Indonesia sekitar awal Juni 2022.
Foto:

Dr Erlina mengatakan, tingkat keparahan yang disebabkan subvarian omicron itu memang jauh lebih rendah dibandingkan varian yang lain. Meski begitu, masyarakat harus tetap disiplin protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi dosis penguat.

"Pandemi ini masih jauh dari selesai karena virus terus bermutasi dan peningkatan kasus terus terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Oleh sebab itu penting melakukan upaya-upaya perlindungan diri serta pencegahannya," katanya.

Menurut dr Erlina, protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) serta melaksanakan 3T, yakni pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing) dan pengobatan (treatment) terbukti ampuh mencegah penyebaran Covid-19. Dr Erlina menyebut, vaksin juga tetap efektif dalam mengurangi tingkat perawatan dan kematian akibat Covid-19.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَقَالُوْا لِاِخْوَانِهِمْ اِذَا ضَرَبُوْا فِى الْاَرْضِ اَوْ كَانُوْا غُزًّى لَّوْ كَانُوْا عِنْدَنَا مَا مَاتُوْا وَمَا قُتِلُوْاۚ لِيَجْعَلَ اللّٰهُ ذٰلِكَ حَسْرَةً فِيْ قُلُوْبِهِمْ ۗ وَاللّٰهُ يُحْيٖ وَيُمِيْتُ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu seperti orang-orang kafir yang mengatakan kepada saudara-saudaranya apabila mereka mengadakan perjalanan di bumi atau berperang, “Sekiranya mereka tetap bersama kita, tentulah mereka tidak mati dan tidak terbunuh.” (Dengan perkataan) yang demikian itu, karena Allah hendak menimbulkan rasa penyesalan di hati mereka. Allah menghidupkan dan mematikan, dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Ali 'Imran ayat 156)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement