Rabu 29 Jun 2022 09:20 WIB

Putin Sedang Bangun Hubungan dengan Taliban

Pernyataan Putin muncul dalam pertemuan dengan Presiden Tajikistan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, dan Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon berfoto selama pertemuan mereka di Dushanbe, Tajikistan, Selasa, 28 Juni 2022.
Foto: Alexander Shcherbak, Sputnik, Kremlin Pool Ph
Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, dan Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon berfoto selama pertemuan mereka di Dushanbe, Tajikistan, Selasa, 28 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, negara itu sedang mencoba membangun hubungan dengan Taliban, Selasa (28/6/2022). Rusia ingin melihat semua kelompok etnis di Afghanistan ambil bagian dalam menjalankan negara.

"Kami melakukan segalanya agar situasi di negara itu menjadi normal. “Kami berusaha membangun hubungan dengan kekuatan politik yang mengendalikan situasi" kata Putin di Dushanbe.

Baca Juga

Pernyataan Putin muncul dalam pertemuan dengan Presiden Tajikistan, Emomali Rahmon. Kunjungan ini menjadi perjalanan pertama pemimpin Rusia ke luar negeri sejak awal konflik Ukraina.

Negara tuan rumah pangkalan militer Rusia ini memiliki perbatasan panjang dan keropos dengan Afghanistan. Wilayah ini selalu waspada bahwa radikalisme Islam bisa merembes ke negara itu.

"Kami bekerja dari premis bahwa semua kelompok etnis di Afghanistan, seperti yang telah dikatakan, harus berpartisipasi dengan baik dalam menjalankan negara,” kata Putin.

Rusia menunjuk penguasa Afghanistan saat ini sebagai kelompok teroris. Namun, Taliban memiliki perwakilan di Rusia dan sebuah delegasi menghadiri Forum Ekonomi Internasional St Petersburg baru-baru ini.

Usai kunjungan Tajikistan, Putin akan berada di ibu kota Turkmenistan Ashgabat pada Rabu (29/6/2022). Kunjungan ini untuk menghadiri pertemuan puncak para pemimpin negara-negara pesisir Laut Kaspia.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement