Rabu 29 Jun 2022 11:48 WIB

Keutamaan dan Niat Beberapa Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya melakukan amal shaleh pada bulan Dzulhijjah.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Puasa. Keutamaan dan Niat Beberapa Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah
Foto:

Secara syariat, pelaksanaan puasa sunnah Dzulhijjah, puasa Tarwiyah dan Arafah sama dengan puasa pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah waktu pelaksanaan dan niatnya.

Mengutip buku berjudul Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah oleh Nur Solikhin, disebutkan bahwa puasa Tarwiyah dan Arafah adalah puasa dalam rangka memperingati kisah keta'atan Nabi Ibrahim As saat beliau bermimpi menyembelih anaknya, Nabi Ismail As.

Puasa Arafah merupakan puasa pada hari 'Arafah, yakni hari kesembilan pada bulan Dzulhijjah. Puasa ini bertepatan saat jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah.

Syekh Al-Jurjawy dalam bukunya Hikmah at-Tasyri' wa Falsafatuha menyatakan, tujuan disunahkannya puasa hari Arafah adalah agar kaum Muslimin yang sedang berpuasa di hari itu memikirkan keadaan orang-orang yang sedang melakukan wukuf di suatu tempat yang sangat luas (padang Arafah) sambil mengumandangkan kalimat talbiyah (memohon ampun dan rahmat Allah).

Maka, seyogyanya mereka juga merasa rindu untuk datang ke tempat suci tersebut. Puasa ini sangat dianjurkan, kecuali bagi orang-orang yang sedang melaksanakan haji.

photo
Infografis Puasa Sunnah Dzulhijjah - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement