Rabu 29 Jun 2022 12:13 WIB

Pahami Ilmu Table Manner dari Dosen Universitas BSI

Meja makan merupakan tempat terpenting dimana etika seseorang ditonjolkan. .

Red: Gita Amanda
Program Studi (prodi) Administrasi Perkantoran Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses menyelenggarakan workshop Table Manner.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program Studi (prodi) Administrasi Perkantoran Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses menyelenggarakan workshop Table Manner.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (prodi) Administrasi Perkantoran Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses menyelenggarakan workshop Table Manner. Kegiatan yang dihadiri oleh 90 mahasiswa semester empat Prodi Administrasi Perkantoran ini, digelar di Hotel Horison Suites & Residence Rasuna, Jakarta Selatan, pada Selasa (21/6/2022) silam.

Inggit Dessy Susanti selaku Staf Prodi Administrasi Perkantoran dalam sambutannya mengatakan, meja makan merupakan tempat terpenting dimana etika seseorang ditonjolkan. Menurutnya, orang lain akan mengenali, melihat, dan menilai diri seseorang, dari profesionalisme yang ditunujukkan di meja makan.

Baca Juga

“Inilah sebabnya, perlu belajar table manner. Mempelajari etika di meja makan, bukan sekadar mengetahui tata krama saat makan atau menggunakan alat makan. Menguasai table manner, juga merupakan bentuk citra diri, bahkan profesionalisme. Pemahaman yang baik seputar table manner akan memengaruhi kesuksesan karier atau bisnis dari teman-teman mahasiswa semuanya,” kata Inggit dalam rilis yang diterima, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu, hadir sebagai pemateri Dian Eka menjelaskan, pelatihan table manner yang langsung dipraktikkan  dengan menyantap berbagai makanan yang disajikan. Makanan tersebut ada appetizer, berupa berupa assorted bread and caesar salad, mushroom velloutte soup, lalu main course, berupa seared chicken breast mashed potato, dan dessert berupa strawberry mause pomegranates.

“Tentunya, kita harus mengenal terlebih dahulu jenis-jenis peralatan makan dan penggunaannya. Tata cara makan dan minum serta etika ketika makan dan minum secara internasional. Cara makan dan minum menggunakan berbagai peralatan makanan, tergantung dari makanan yang disajikan, misalnya saat appetizer alat makan yang digunakan tentu berbeda saat penyajian dessert,” tutup Dian.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement