Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

12 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Teh Ini Bagus Diminum Setelah Makan Buat Bantu Turunkan Gula Darah

Rabu 29 Jun 2022 17:40 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Teh kamomil (ilustrasi). Minuman ini bagus diteguk setelah makan untuk mengendalikan kadar gula darah.

Teh kamomil (ilustrasi). Minuman ini bagus diteguk setelah makan untuk mengendalikan kadar gula darah.

Foto: PxHere
Kadar gula darah pengidap diabetes bisa melonjak tinggi setelah makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada pengidap diabetes, kadar gula darah bisa melonjak cukup tinggi setelah makan. Minum teh kamomil setelah makan dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah tersebut.

Manfaat teh kamomil dalam menekan lonjakan kadar gula darah ini diungkapkan dalam sebuah studi di Iran yang dipublikasikan pada jurnal Nutrition. Studi ini menemukan bahwa minum tiga gelas teh kamomil per hari dapat memperbaiki kontrol gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

Baca Juga

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Tabriz University of Medical Sciences, Iran ini dilakukan untuk menginvestigasi efek dari teh kamomil terhadap kontrol glikemik dan kadar antioksidan pada penyandang diabetes tipe 2. Antioksidan merupakan zat kimia yang dapat melindungi atau memperlambat kerusakan sel.

Dalam studi ini, tim peneliti melibatkan 64 orang partisipan yang merupakan pengidap diabetes tipe 2. Para partisipan memiliki rentang usia 30-60 tahun.

Tim peneliti meminta para partisipan meminum tiga gelas teh kamomil setiap hari selama delapan pekan. Masing-masing sajian teh kamomil ini diminum setelah makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Di sisi lain, tim peneliti juga melibatkan kelompok kontrol. Orang-orang yang terlibat di dalamnya diminta untuk minum air putih, alih-alih tek kamomil, setelah makan.

Hasil studi menunjukkan bahwa para partisipan yang minum teh kamomil setelah makan mengalami penurnan kadar HbA1c dan serum insulin. HbA1c dapat memberikan gambaran mengenai kontrol kadar gula darah dalam dua hingga tiga bulan terakhir. Para partisipan yang meminum teh kamomil juga mengalami peningkatan kapasitas antioksidan total.

"Konsumsi teh kamomil jangka pendek memiliki efek bermanfaat terhadap kontrol glikemik dan status antioksidan pasien dengan diabetes tipe 2," jelas tim peneliti, seperti dilansir Express, Rabu (29/6/2022).

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Terkait lonjakan kadar gula darah, para pengidap diabetes juga bisa menghindari kondisi tersebut dengan memperbaiki pola makan. Salah satunya adalah membatasi konsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik (IG) tinggi.

Makanan dengan IG yang tinggi dapat memicu peningkatan kadar gula darah secara cepat. Beberapa contoh makanan dengan IG tinggi adalah gula, makanan bergula, minuman bergula, roti putih, kentang, dan nasi putih.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile