Rabu 29 Jun 2022 15:53 WIB

Pembekalan Uji Profisiensi Universitas BSI, Dukung Prospek Karier Lulusan

Bahasa Pemrograman Python, menjadi bahasa yang paling populer saat ini.

Red: Gita Amanda
Universitas BSI menyampaikan, dalam dunia profesional, sertifikat profesi ini sangat dibutuhkan.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI menyampaikan, dalam dunia profesional, sertifikat profesi ini sangat dibutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bahasa Pemrograman Python, menjadi bahasa yang paling populer saat ini. Sifat open-source yang dimilikinya, memberikan manfaat lebih saat mempelajari Python karena dapat digunakan untuk melakukan pengembangan situs, game, maupun perangkat lunak lainnya.

Untuk mendukung mahasiswa memahami Python, Prodi Teknologi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan Pembekalan Uji Profisiensi “PCAP-Programming Essentials in Pyhton Netacad",  yang dilaksanakan secara daring, melalui Zoom, pada Rabu (22/6/2022) lalu.  

Baca Juga

Hendra Supendar selaku Ketua Program Studi Teknologi Informasi Universitas BSI menyampaikan, kegiatan permbekalan sertifikasi rutin diselenggarakan pada mahasiswa semester 3. Setelah sertifikasi Python, dapat dilanjutkan dengan Sertifikasi Basis Data lalu Program Analyst. Saat nanti masuk penyusunan skripsi atau tugas akhir, dapat berfokus dalam membuat program berbasis dektop maupun web.

“Dengan pembekalan ini, mahasiswa akan lebih mudah memahami Python. Mudah dipelajari, dan mudah dibaca sehingga sangat cocok dipelajari sebagai Bahasa Pemrograman pertama. Simple tapi powerful, penulisan kodingnya membutuhkan baris yang lebih sedikit dibanding Bahasa Pemrograman lainnya,” jelasnya. 

Sementara itu, Ahmad Fauzi selaku pembicara dan dosen Universitas BSI menyampaikan, dalam dunia profesional, sertifikat profesi ini sangat dibutuhkan.

“Sertifikat kompetensi yang akan didapat ini, nantinya akan berguna bagi mahasiswa, untuk melamar pekerjaan,” imbuhnya. 

Ia juga menambahkan bahwa, ada beberapa hal yang harus disiapkan mahasiswa sebelum melakukan sertifikasi. Pertama pakai browser yang terupdate. Peserta melakukan verifikasi akun, dan mengaktivasinya. Kemudian lanjut membuat password dengan ketentuannya, terakhir mengisikan data peserta sampai membuat akun.

“Peserta melakukan Term and Condition Python dan mengisikan survei, dan dapat mengerjalan Programming Essensials In Python. Untuk dapat nilai masing-masing chapter harus lebih besar 70 mengerjakan Part 1 Summary Test, Part 2 Summary Test, dan Final Test sesuai tanggal yang telah ditentukan peserta diberikan kesempatan mencoba sebanyak tiga kali,” tutupnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement