Lab Kalibrasi UII Raih Sertifikat Akreditasi KAN

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Penyerahan sertifikat akreditas dari Komite Akreditasi Nasional kepada Laboratorium Terpadu UII.
Penyerahan sertifikat akreditas dari Komite Akreditasi Nasional kepada Laboratorium Terpadu UII. | Foto: Wahyu Suryana

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Laboratorium Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) meraih sertifikat akreditasi sebagai Lab Kalibrasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Lab ini memfasilitasi kegiatan kalibrasi semua peralatan dari lab-lab di lingkungan UII.

Termasuk Instrumen Analitik (Spektrofotometer UV-Vis) dan ruang lingkup Massa (Neraca Elektronik) Ka Lab Terpadu UII, Rudy Syah Putra, berkomitmen terapkan manajemen mutu dan teknis ruang lingkup kalibrasi sesuai ISO/IEC 17025:2017.

Mengedepankan pelayanan prima Lab Terpadu UII ada akurasi pengukuran, ketepatan waktu dan integritas layanan. Melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII melakukan Audit Mutu Internal (AMI) tiap tahun untuk membantu komitmen kualitas pelayanan.

"Tujuan kalibrasi peralatan ukur adalah menjamin ketertelusuran pengukuran, sehingga hasil pengukuran dapat dipercaya," kata Rudy, Rabu (29/6/2022).

Lab Terpadu UII memberi layanan Pengujian sejak 2010 dan mulai 2022 memberikan layanan kalibrasi sesuai ISO/IEC 17025:2017. Dan proses siapkan dokumen ISO/IEC 17043 sebagai Penyelenggara Uji Profisiensi (PUP) kalibrasi neraca elektronik.

Saat ini, dukungan kalibrator standar yang telah dimiliki ada Anak Timbang kelas E2 (0,1 g-500 g), F1 (1 g-1000 g) dan kelas F2 (1 g-500 g). Serta, Glass Filter Holmium, Didymium dan Neutral Density untuk kalibrasi Spektrofotometer UV-Vis.

Mekanisme pelayanan di Lab Kalibrasi dimulai pelanggan melakukan pendaftaran online melalui SIMLAB (https://simlab-uii.id/login). Bisa pula langsung datang ke ruang penerimaan sampel yang terletak di lantai dua Laboratorium Terpadu UII.

Laboran akan mengkaji ulang permintaan pelanggan dan jadwalkan kalibrasi. Usai pekerjaan kalibrasi dilaksanakan, pelanggan melakukan pembayaran sebagai syarat sertifikat kalibrasi dapat diterbitkan atau dikirimkan langsung ke pelanggan.

"Pelayanan pengujian dan kalibrasi terbuka untuk pelanggan internal dan eksternal UII," ujar Rudy.

Ini diawali pelatihan kompetensi ruang lingkup kalibrasi neraca elektronik dan spektroskopi UV-Vis. Lalu, pelatihan penyesuaian dokumen manajemen mutu dan manajemen teknis kalibrasi serta pembuatan dokumen panduan mutu dan teknis.

Bertahap, kegiatan dimulai November 2019 dan semua dokumen diintegrasikan manajemen mutu dan manajemen teknis yang dimiliki Lab Terpadu UII Februari 2021. Siklus kalibrasi Neraca Elektronik dan Spektrofotometer UV-Vis dilakukan 2020 dan 2021.

Lalu, pengajuan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 Lab Kalibrasi pada Januari dengan ruang lingkup Neraca Elektronik dan Spektrofotometer UV-Vis. Dokumen mutu dan hasil kalibrasi jadi syarat pengajuan akreditasi, yang diajukan Desember 2021.

"Alhamdulillah, Lab Terpadu UII kini telah siap melayani kalibrasi dengan ruang lingkup massa (Neraca Elektronik) dan instrumen analitik (spektroskopi UV-Vis) di regional Yogyakarta," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Lab Terpadu UII Raih Sertifikat Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark