Kamis 30 Jun 2022 01:05 WIB

Xiaomi dan Octopus Inisiasi Kelola Daur Ulang Sampah Elektronik

Sampah elektronik kecil diupayakan tidak sampai ke TPA.

Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja memilih barang bekas di tempat pengepulan sampah elektronik di Jakarta. ilustrasi. Xiaomi bersama platform ekonomi sirkular Octopus meluncurkan inisiatif pengelolaan daur ulang sampah elektronik
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Pekerja memilih barang bekas di tempat pengepulan sampah elektronik di Jakarta. ilustrasi. Xiaomi bersama platform ekonomi sirkular Octopus meluncurkan inisiatif pengelolaan daur ulang sampah elektronik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan elektronik dan teknologi Xiaomi bersama platform ekonomi sirkular Octopus meluncurkan inisiatif pengelolaan daur ulang sampah elektronik. Inisiatif tersebut ditandai dengan donasi sampah elektronik secara simbolis oleh Xiaomi Fans dan karyawan Xiaomi Indonesia dalam Octopus Takes Over Jakarta yang digelar di Hutan Kota GBK pada Ahad (26/6).

"Sebagai perusahaan yang masih tergolong muda, Xiaomi berkomitmen untuk turut andil dalam mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan. Kami sadar tentang kewajiban untuk lebih ramah lingkungan," kata Country Director Xiaomi Indonesia Wentao Zhao dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah sebagai kampanye dalam memperingati HUT Jakarta ke-495. Kegiatan digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam rangka menyambut Jakarta Hajatan 2022.

Langkah simbolis tersebut menjadi permulaan dari kerja sama Xiaomi Indonesia dengan Octopus untuk pengelolaan dan daur ulang sampah elektronik melalui drop-off point yang nantinya akan tersedia di Xiaomi Store terpilih di Jakarta.

CEO Octopus Moehammad Ichsan menyambut baik kemitraan dengan Xiaomi Indonesia."Keterlibatan berbagai pihak tentunya menjadi kunci bagi kami untuk mempromosikan ekonomi sirkular yang bertujuan menciptakan lingkungan lestari dan berkelanjutan," kata Ichsan.

Tidak hanya bagi konsumen Xiaomi, rencananya mulai bulan Juli mendatang masyarakat umum dapat berpartisipasi mendaur ulang sampah elektronik berukuran kecil dengan mendatangi Xiaomi Store terpilih di Jakarta dan mengunduh aplikasi Octopus. Setelah melakukan drop-off sampah elektronik, nantinya konsumen akan mendapatkan poin di aplikasi yang dapat digunakan untuk menikmati berbagai promo menarik.

Adapun 10 lokasi Xiaomi Store yang menjadi drop-off point Octopus di Jakarta adalah Aeon Jakarta Garden City, Mall Kelapa Gading, Mall Artha Gading, Mall Emporium Pluit, Lippo Mall St. Moritz, Central Park, ITC Roxy Mas, Kota Kasablanka, Gandaria City dan Mall Pondok Indah. Sampah elektronik tersebut secara berkala akan diambil oleh pelestari Octopus untuk kemudian diserahkan kepada pengusaha pengolah sampah dan diproses serta dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan sehingga tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement