Rabu 29 Jun 2022 19:05 WIB

Habitat Salmon Berkurang Gara-Gara Perubahan Iklim

Salmon membutuhkan tempat yang spesifik untuk bertelur.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ikan Salmon
Foto: Republika
Ikan Salmon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salmon biasanya melakukan perjalanan ratusan mil ke hulu untuk bertelur. Namun, lantaran perubahan iklim, perairan asli mereka menjadi lebih dekat. 

Sebuah studi baru-baru ini memberikan informasi tentang bagaimana Bear Valley Creek, anak sungai hulu Sungai Salmon di Idaho tengah, kehilangan habitatnya untuk salmon Chinook.

Baca Juga

Studi yang baru saja diterbitkan dalam jurnal AGU Geophysical Research Letters, mengungkap bahwa tempat pemijahan dan pembibitan ikan yang sangat vital berkurang secara drastis dengan berkurangnya volume air dan peningkatan suhu laut. 

Di sungai ini, salmon bisa kehilangan hampir setengah dari habitatnya pada awal 2040 karena pengurangan 50 persen debit sungai yang diharapkan. 

Profesor ekohidrolik di Universitas Idaho dan penulis utama studi, Daniele Tonina, menyelidiki bagian sepanjang 14 kilometer dari Bear Valley Creek, yang dikenal mendukung populasi salmon Chinook yang sehat. Lokasi ini adalah contoh yang sangat baik dari habitat salmon yang sempurna di Pacific Northwest. Lokasi ini memiliki lembah yang luas, sungai utama yang berkelok-kelok, dan aliran yang nyaman.

Dia menggunakan jenis pemindaian laser 3D jarak jauh yang disebut LiDAR, dengan laser panjang gelombang hijau untuk melihat habitat perairan dangkal. Tim kemudian memetakan jalur sungai dan dataran banjir. 

Mereka menghitung tren debit musim panas tahunan, waktu penting untuk kelangsungan hidup ikan. Ilmuwan menggunakan 60 tahun data historis aliran sungai dari tahun 1957 hingga 2016 dari pengukur aliran di delapan sungai yang berdekatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement